Apabila Anda telah mengetahui SEO (Search Engine Optimization), Anda mungkin sudah mengetahui apa itu rich snippet dan apa itu featured snippet. Selain itu, Anda juga pasti telah mengetahui perbedaan antara rich snippet vs featured snippet. Tetapi, jika Anda belum mengetahuinya, Anda telah berada pada lokasi yang tepat. Di sini, Anda akan mengetahui semuanya setelah membaca secara tuntas penjelasan di bawah ini! Di bawah ini adalah 3 perbedaan antara Featured Snippet vs Rich Snippet
Perbedaan yang pertama yaitu pada pengertian
Pengertian Rich Snippet
Rich Snippet adalah istilah yang digunakan untuk menentukan penyajian informasi yang disajikan kepada pengguna saat mereka memasukkan istilah pencarian ke Google. Menurut Unamo, Rich Snippet sebenarnya adalah markup data terstruktur yang dapat disisipkan oleh pemilik situs web ke dalam HTML yang ada. Menambahkannya memungkinkan mesin pencari atau search engine untuk lebih memahami informasi apa yang ditampilkan di halaman web.
Saat ini rich snippet digunakan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap dan sederhana sehingga pengguna dapat dengan cepat menemukan apa yang mereka cari dalam waktu singkat. Saat situs Anda muncul di SERP Google dengan Rich Snippet, Anda tidak hanya mendapatkan cuplikan informasi yang terkandung dalam konten web. Anda juga akan menerima data peringkat dan informasi lainnya.
Dengan dirilisnya Ahrefs, Rich Snippet dianggap lebih menarik secara visual. Biasanya, informasi yang ditampilkan sehubungan dengan rich snippet adalah hasil pencarian yang relevan, seperti pencarian resep, orang tertentu, dll.
Pengertian Featured Snippet
Berdasarkan dari Search Engine Magazine(SEM), Featured Snippet adalah area khusus yang biasanya terdapat di kolom yang muncul di bagian atas hasil pencarian. Ini berisi ringkasan atau hasil yang paling cocok dengan kata kunci. Featured snippet adalah salah satu fitur pencarian Google yang menyorot sebuah teks snippet agar muncul di bagian atas SERP (Search Engine Results Page). Nama lainnya adalah Location 0, yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna sehingga mendapatkan jawaban dengan cepat.
Perbedaan yang kedua yaitu pada pentingnya penggunaan
Penggunaan Rich Snippet
Hanya dengan melihat rich snippet, pengguna dapat mengetahui konten apa yang ada di situs dan apakah konten tersebut cocok dengan apa yang mereka cari. Rich Snippet adalah jenis hasil penelusuran yang menonjol dari jenis cuplikan lainnya. Dibandingkan dengan featured snippet, Rich Snippet memiliki rasio klik-tayang (RKT) yang lebih tinggi. Pengguna ingin mengklik sendiri hasil pencarian yang berisi lebih banyak informasi.
Penggunaan Featured Snippet
Hasil pencarian yang ditampilkan pada kotak definisi berada di bagian atas halaman hasil pencarian. Pengguna internet juga umumnya tidak ingin mencari website yang paling sempurna padahal Google sudah memberikan rekomendasinya. Ketika Featured Snippet pertama kali diperkenalkan, SEO yang terpercaya pun merasa khawatir tentang bagaimana meringkas dan menampilkan tanggapan dapat berdampak negatif terhadap RKT situs mereka.
Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan. Hal ini karena ringkasan konten Google belum dipetakan dengan baik. Nah pernyataan yang kedua, bagaimana jika konten sudah bagus tapi tetap tidak muncul di snippet? Berdasarkan penelitian dari Search Engine Land, Featured Snippet tidak memiliki efek negatif, justru featured snippet dapat meningkatkan rasio klik-tayang.
Perbedaan yang ketiga yaitu pada manfaat
Manfaat Featured Snippet dalam SEO
Featured snippet memiliki beberapa manfaat yang bisa menjadi salah satu elemen yang membantu SEO (Search Engine Optimization). Salah satu manfaat dari penggunaan Featured snippet yaitu situs web Anda akan berada pada peringkat teratas pada mesin pencarian. Selain berada di urutan teratas, situs web Anda akan tampak berukuran lebih besar dari situs web lainnya, yang artinya lebih berpeluang untuk dibaca dan dibaca oleh lebih banyak orang sebagai referensi hasil pencarian.
Manfaat selanjutnya yaitu artikel yang dipilih sebagai featured snippet adalah artikel dengan peringkat pertama dalam pengoptimalan mesin pencari. Artikel unggulan adalah artikel yang memenuhi semua kriteria respons mesin pencari Google. Dan, manfaat yang terakhir dari penggunaannya yaitu featured snippet bisa menunjukkan halaman hasil deskripsi yang lengkap dan mendetail. Jenis reaksi ini terjadi saat Anda memasukkan kata kunci berekor panjang. Ini membatasi jangkauan Google saat mencari artikel terkait dan meningkatkan kemungkinan artikel Anda muncul di posisi 0 di halaman depan.
Manfaat Rich Snippet dalam SEO
Saat Anda menggunakan Rich Snippet di blog Anda, lalu menghubungkan ke Google akan menjadikan Google lebih aman dan andal. Artinya, blog memberi tahu Google bahwa Anda adalah pemilik asli blog tersebut. Selain itu, Berdasarkan pada kredibilitas Anda sebagai penulis, artikel Anda akan mendapat peringkat lebih baik. Seperti yang telah disebutkan tentang peringkat penulis, jika Anda memiliki reputasi yang baik, Google akan mencari Anda.
Manfaat selanjutnya yaitu kemungkinan artikel Anda akan muncul di halaman pertama pada mesin pencarian. Mengapa hal itu terjadi? Coba bayangkan bahwa Anda adalah seorang pengunjung dan mencari artikel tersebut. Anda harus mengklik setiap item di layar pertama, bukan? Jika Anda memasang Author Rich Snippet, kemungkinan besar blog Anda akan muncul di halaman pertama atau kedua. Syaratnya, kualitas barang Anda harus bagus.
Manfaat selanjutnya, sebenarnya sama dengan yang saya bilang di poin 2 dan 3. Yang penting punya artikel yang tidak terlalu pendek dan jangan copy paste artikel orang lain. Menggunakan Author Rich Snippet akan membuat Anda tampil sebagai penulis yang paling kuat dan terlihat profesional. Ini juga menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang memiliki reputasi baik yang dapat mengendalikan blog.
Itu saja 3 perbedaan dari Rich Snippet Vs Featured Snippet. Di mana perbedaan yang pertama itu terletak pada pengertian, yang kedua yaitu pada pentingnya penggunaan dan yang ketiga yaitu pada manfaat penggunaan. Sekian, semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.