Pahami 5 Strategi Twitter Marketing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Media sosial kini telah menjadi platform yang kuat yang diandalkan pemilik bisnis untuk pemasaran digital yang paling efektif. Apalagi saat ini pertumbuhan media sosial semakin pesat dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Namun, artikel ini secara khusus membahas tentang merancang strategi Twitter marketing yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Twitter adalah platform jejaring sosial yang bagus untuk sebagian besar pemasar. Pada artikel ini, kami akan memberikan strategi dan saran tentang cara menggunakan Twitter marketing untuk bisnis untuk meningkatkan kesadaran merek atau penjualan produk.

Pengertian Twitter Marketing

Sederhananya, Twitter marketing dapat diartikan sebagai strategi untuk mempromosikan bisnis/aktivitas lain melalui Twitter dengan menggunakan alat atau media yang diperlukan seperti teks, gambar, atau video. Selain untuk melakukan media promosi, media sosial ini juga memungkinkan Anda untuk mengobrol dengan pengikut Anda, mendengar kritik/saran langsung dari pelanggan dan mengikuti berita terbaru yang mungkin diperlukan untuk kebutuhan bisnis Anda. Namun itu semua berdampak besar pada berhasil atau tidaknya strategi twitter marketing Anda.

5 Strategi Twitter Marketing

Maksimalkan profil utama perusahaan Anda

Strategi pertama untuk memaksimalkan kehadiran media sosial Anda di Twitter adalah mulai memaksimalkan profil bisnis Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus mengisi semua informasi yang diperlukan untuk membuat profil perusahaan. Informasi yang lengkap dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap legitimasi perusahaan. Pilih nama pengguna yang relevan dengan bisnis Anda dan mudah diingat. Jangan menggunakan username yang “aneh” yang membuat pelanggan bingung atau bahkan membuat mereka mengira akun tersebut adalah bot/akun palsu.

Penggunaan gambar di profil juga tidak bisa dipilih asal. Media ini merupakan resource yang tidak banyak menggunakan foto dalam acara promosinya. Jadi, memaksimalkan gambar profil Anda adalah cara terbaik untuk membangun merek bisnis Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan logo perusahaan sebagai ciri dari brand atau identitas perusahaan Anda.

Temukan target pasar Anda

Seperti media sosial lainnya, Twitter memungkinkan Anda untuk menemukan, mengikuti, dan diikuti oleh pengguna lain. Anda dapat menemukan pengguna lain atau target pasar dengan mencarinya menggunakan tagar yang terkait dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda ingin menjual parfum, Anda bisa mencoba mencari dengan kata kunci “parfum OOTD”, “parfum sehari-hari”, atau “parfum murah”. Hasil pencarian berisi pengguna terkait dan utas terkait parfum. Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti target pasar Anda atau berpartisipasi dalam utas pengguna. Namun, jangan menjual dengan keras, juallah semulus mungkin.

Format konten dengan gambar untuk mendapatkan jumlah retweet yang tinggi

Salah satu strategi untuk memperluas jangkauan pemasaran Anda melalui Twitter adalah dengan mendapatkan retweet dalam jumlah yang banyak. Jika Anda ingin mendapatkan retweet dalam jumlah besar, Anda perlu menambahkan gambar untuk mendukung teks yang Anda bagikan. Dengan maksimal 140 karakter, media sosial berbasis teks ini menarik perhatian penonton dengan tambahan gambar yang melengkapi informasi yang diterima. Jumlah maksimum gambar yang dapat Anda masukkan ke dalam tweet adalah 4 gambar. Menurut data media sosial dan riset lalu lintas, menambahkan foto atau gambar ke setiap tweet yang Anda kirim dapat meningkatkan kemungkinan retweet hingga 78 persen.

Menjaga interaksi dengan pengguna

Cara berjualan di Twitter selanjutnya adalah dengan tetap berinteraksi dengan pengguna. Interaksi dengan pengguna atau target pasar dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya membalas tweet, membalas pesan langsung, berpartisipasi dalam threads, membagikan tweet Anda sendiri.

Menjaga interaksi dengan pengguna tidak selalu dilakukan dengan mempromosikan produk. Karena berpotensi mengganggu pengikut Anda. Anda dapat melakukannya dengan men-tweet lelucon atau meme terbaru tentang hal-hal yang sedang tren.

Tawarkan layanan yang optimal

Setelah Anda memaksimalkan promosi produk Anda, Anda harus terus memberikan pelayanan yang optimal. Hal ini dilakukan secara aktif dengan memberikan jawaban yang baik. Contoh sederhananya yaitu menanggapi sebutan, suka, atau retweet dengan cepat komentar pelanggan. Kecepatan respons komentar juga menjadi salah satu pertimbangan agar calon pembeli bisa yakin dengan legalitas bisnis Anda.

Jadi ini adalah 5 strategi twitter marketing yang bisa Anda terapkan. Tapi jangan hanya fokus ke promosi saja! Anda juga harus memperhatikan kebutuhan pelanggan dan beradaptasi dengan mereka. Sering-seringlah berinteraksi dengan mereka dan buat konten sekreatif mungkin. Pelanggan potensial dijamin akan tertarik dengan produk atau layanan Anda. Semoga membantu