5 Aplikasi Social Media Monitoring

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Bagaimana Anda tahu jika ada pelanggan yang memberikan feedback atau membicarakan brand Anda di dunia maya? Social media monitoring adalah jawabannya. Social media monitoring adalah kegiatan penting dalam dunia pemasaran digital. Kegiatan ini bahkan sering disebut-sebut sebagai salah satu pilar kesuksesan dunia digital marketing, karena berkaitan langsung dengan interaksi pelanggan dan menjaga citra perusahaan.

Dalam praktiknya, Social media monitoring juga sering digunakan untuk mengumpulkan informasi berupa reaksi, pendapat, dan pandangan pengguna tentang fenomena tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pelaku industri digital untuk mengetahui strategi social media monitoring dengan berbagai alat yang biasa digunakan untuk pendataan.

Apa itu social media monitoring?

Social media monitoring adalah metode analitik untuk mengumpulkan data dari pengguna. Tindakan ini biasanya ditujukan untuk mencegah terjadinya hal-hal negatif dalam mengidentifikasi pendapat pengguna tentang merek tersebut.

Sebagai contoh, sebuah brand biasanya mengumpulkan tanggapan atau opini yang berbeda dengan mencari data di media sosial. Data tersebut kemudian diproses menjadi informasi yang lebih detail untuk menjalankan kampanye, menentukan tindakan, atau branding yang lebih bertarget.

Social media monitoring mampu menghasilkan beberapa Analisa, masing-masing terdiri dari:

  • Brand sentiment
  • Share of voice
  • Competitor Analysis
  • Consumer Response and Insight

Dibawah ini merupakan daftar tools social media monitoring terbaik yang recommended untuk digunakan.

5 Aplikasi Monitoring Media Sosial

  • Hootsuite

Hootsuite tentunya sudah tidak asing lagi bagi para blogger dan praktisi digital marketing. Platform ini mampu menyediakan fitur handal yang sangat berguna untuk mengoptimalkan kampanye dan memantau brand di media sosial.

  • Brandwatch consumer research

Brandwatch Consumer Research dapat memproses data dari sekitar 90 juta halaman dan karenanya sangat efektif untuk pemantauan merek digital. Dari Twitter, Reddit, Facebook, Instagram hingga situs web publik, alat ini memungkinkan Anda melacak berbagai masalah terkait merek yang dapat diurutkan melalui pembuat survei.

  • Sprout social

Sprout Social sangat direkomendasikan untuk pemantauan media sosial karena fiturnya yang mudah digunakan. Platform ini juga memiliki dukungan analitik bawaan yang dapat digunakan sebagai data untuk meningkatkan keterlibatan.

Jika Anda mencari alat pemantauan media sosial untuk bisnis atau merek Anda, Sprout Social sangat cocok untuk berbagai kebutuhan mulai dari tingkat UMKM hingga perusahaan.

  • Keyhole

Anda tidak ingin tertinggal dengan permasalahan dunia digital? Anda dapat menggunakan Keyhole sebagai pelacak merek dan juga untuk berbagai informasi terkait perusahaan. Sebagai salah satu alat pemantauan media sosial terbaik, Keyhole dapat memberikan informasi real-time yang terdiri dari tagar, kata kunci, URL, dan nama pengguna audiens target.

  • Tweepsmap

Seperti namanya, Tweepsmap membantu Anda merekam setiap interaksi dan keterlibatan pengguna Twitter. Cara kerja alat pemantau media sosial ini cukup sederhana, yaitu. mereka mengumpulkan tagar terkait merek dan kemudian menggunakan data tersebut untuk wawasan bisnis. Contohnya mencakup demografi, minat, dan pendapat pengguna tentang merek tersebut.

Di era digital ini, pemantauan media sosial menjadi kebutuhan mutlak. Metode analisis ini dapat digunakan oleh pemasar online, tokoh masyarakat, organisasi, dan lembaga pemerintah.