Banyak pelaku bisnis yang sudah mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi dan internet untuk menarik perhatian calon pembeli, salah satunya follow up customer. Ada banyak sekali platform atau aplikasi yang membantu memudahkan para pelaku usaha dalam menjangkau lebih banyak calon konsumen, seperti aplikasi e – commerce dan media soaial lain. Berbagai kelengkapan gratis maupun berbayar yang disediakan oleh berbagai aplikasi tentunya semakin memudahkan para pelaku bisnis dalam memasarkan produk mereka. Alhasil, banyak calon konsumen yang tertarik dengan produk yang mereka jual.
Akan tetapi, banyak diantara pelaku bisnis yang kurang memikirkan langkah selanjutnya setelah berhasil menarik calon pembeli. Dampaknya, banyak calon pembeli yang akhirnya tidak jadi membeli produk yangg dijual. Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, anda bisa melakukan follow up kepada calon pembeli. Follow up sendiri merupakan komunikasi atau kontak lanjutan kepada calon konsumen melalui media atau cara tertentu.
Mangapa Follow Up Customer itu Penting?
Menurut US Data Corporation, banyak pelaku bisnis yang tidak memikirkan langkah selanjutnya setelah calon konsumen tertarik untuk membeli. Padahal, para pelaku bisnis semestinya mampu membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen agar bersedia membeli ulang produk dan membangun brand awareness yang baik.
Berikut ini beberapa alasan mengapa follow up penting dilakukan.
1.Mempengaruhi Konsumen untuk Membeli
Alasan pertama dari kegiatan follow up tentunya sebagai komunikasi lanjutan terhadap calon konsumen. ketika anda sudah berhasil menarik perhatian konsumen baik secara langsung maupun online, langkah selanjutnya adalah menguhungi calon konsumen tersebut.
Anda bisa mengajak calon konsumen unutk membeli produk anda dengan cara menjelaskan singkat keunggulan produk hingga yang anda miliki.
2.Pembelian Ulang
Alasan kedua mengapa follow up penting untuk dilakukan adalah bisa membuat konsumen lama kembali membeli produk yang sama atau produk lain di toko anda. Secara teori, follow up ditujukan sebagai komunikasi lanjutan baik bagi calon pembeli maupun pembeli lama.
Khusus untuk pembeli lama, anda bisa menghubungi mereka kembali dengan menawarkan promo menarik atau produk terbaru yang anda jual.
3.Meningkatkan Pengalaman Konsumen
Setelah konsumen membeli produk yang anda jual, mungkin saja mereka akan menemukan beberapa kendala. Misalnya, ada konsumen yang kurang mengerti cara penggunaan atau pemasangan produk. selain itu, ada kemungkinan produk anda mengalami masalah selama pengiiriman dan membuat konsumen anda kesal.
Untuk mengatasi kendala tersebut, anda bisa menjalin komunikasi dengan konsumen untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi. Dengan begitu, konsumen akan merasa puas dan senang berbelanja di toko anda.
4.Umpan Balik yang Positif
Apa bila anda menjual produk secara online di marketplace atau media sosial, biasanya pembeli akan memberikan ulasan baik di halaman toko anda maupun melalui akun media sosial pribadinya. Ketika pembeli memberikan ulasan posifit, anda bisa menanggapi ulasan tersebut dengan membalasnya di kolom ulasan maupun melakukam repost ulasan dari akun pribadi pembeli ke akun toko anda.
Dengan begitu, konsumen akan merasa dihargai dan tidak menutup kemungkinan mereka akan merekomendasikan toko anda ke orang lain.
5.Berikan Penawaran Khusus dan Tawaran Bantuan
Teknik lain yang bisa dilakukan ketika follow up customer adalah dengan memberikan penawaran khusus seperti potongan harga. penawaran khusus bisa berupa produk atau layanan terkait, add – on, atau [eningkatan versi. Bisa juga membuat penawaran dipersonalisasi untuk kebutuhan konsumen tertentu. selain itu, anda bisa menawarkan rekomendasi produk lain dan bantuan kepada konsumen jika terdapat kendala pada transaksi atau produk yang dibeli.
Demikian itu lah pembahasan kita hari ini yang membahas tentang Ketahui cara follow up customer agar cepat closing, semoga berhasil.