Mengenal Clickbait Lebih Dalam

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apakah Anda pernah dengar istilah clickbait? pastinya beberapa orang sudah tidak asing dengan yang namanya clickbait. Hal tersebut biasanya di implikasikan pada judul. Apakah Anda masih ingin mengenal clickbait? simak berikut ini!

Apa sih Clickbait Itu?

Jika Anda merupakan seorang yang suka menghabiskan waktu di Internet, Anda mungkin pernah melihat artikel dan gambar dengan judul, seperti menghasilkan uang saat tidur.  Clickbait adalah judul sensasional yang mendorong Anda untuk mengklik tautan ke artikel, gambar, atau video. Alih-alih menyajikan fakta objektif, headline clickbait sering kali menarik emosi dan rasa ingin tahu Anda. Setelah Anda mengklik, situs web yang menghosting tautan tersebut memperoleh pendapatan dari pengiklan, tetapi konten sebenarnya biasanya memiliki kualitas dan akurasi yang dipertanyakan. Situs web menggunakan clickbait untuk menarik klik sebanyak mungkin, sehingga meningkatkan pendapatan iklan mereka.

Sementara headline dan konten sensasional telah digunakan sejak abad ke-19, mereka telah menyebar luas di dunia digital. Meskipun didasarkan pada ide lama, clickbait masih memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan perhatian Anda dengan cara apa pun yang diperlukan.

Di mana Anda Biasanya Menemukan Clickbait?

Anda dapat menemukannya hampir di mana saja di Internet, yang membuatnya sulit untuk dihindari. Judul clickbait umum di tempat-tempat seperti media sosial dan blog, sementara banyak situs terkemuka seperti laporan cuaca dan kantor berita menawarkan ruang iklan untuk konten clickbait. Ini berarti Anda harus tetap berhati-hati sebelum mengeklik tautan, bahkan saat Anda berada di situs web berkualitas.

Bagaimana Anda Bisa Mengenali Clickbait?

Anda biasanya dapat melihat clickbait melalui judul atau gambar yang keterlaluan, tetapi tidak selalu semudah ini. Terkadang sulit untuk membedakan antara clickbait dan judul yang sah. Bagaimanapun, setiap berita menginginkan perhatian Anda. Ada beberapa elemen umum yang digunakan dalam konten clickbait, seperti judul yang tidak jelas dan gambar yang membuat imajinasi Anda menjadi liar. Clickbait juga menggunakan kejutan dan kemarahan untuk menarik perhatian Anda, serta daftar bernomor, seperti 17 Fakta yang Anda Tidak Percaya Itu Benar. Banyak tautan menggunakan kombinasi elemen-elemen ini untuk memikat Anda agar mengklik.

Berikut cara sederhana untuk mengetahui apakah Anda sedang melihat artikel clickbait: Jika judulnya memberi tahu Anda bagaimana perasaan Anda alih-alih membiarkan Anda memberikan reaksi Anda sendiri, itu mungkin clickbait.

Apakah Clickbait Buruk?

Semua orang ingin mengembangkan konten yang menarik pembaca ke situs web yang mereka miliki dan ada banyak teknik pemasaran konten yang dapat membantu,  tetapi semuanya tidak ramah SEO.

Google sekarang tahu lebih banyak tentang konten situs web Anda daripada sebelumnya, berkat berbagai pembaruannya. Jika judul, heading, dan URL halaman web Anda tidak relevan dengan kontennya, Google mungkin akan menurunkan peringkat Anda.

Manfaat Clickbait

1. Lebih Banyak Tayangan 

Sebagai tujuan tunggal dari membuat clickbait, tidak mengherankan bahwa lebih banyak tampilan halaman adalah pro pertama dari jenis konten ini. Jika ingin tampil pada halaman utama adalah satu-satunya tujuan Anda, maka clickbait adalah cara terbaik untuk mendapatkannya.

2. Potensi Lebih Besar untuk Berbagi Sosial

Clickbait yang baik (atau efektif) hampir sama menariknya untuk dibagikan di jejaring sosial seperti halnya mengklik di tempat pertama. Namun, orang tidak sembarang membagikan apa pun, karena persepsi tentang kepribadian mereka sering kali terkait erat dengan jenis konten yang mereka bagikan di jejaring sosial mereka.

3. Peningkatan Kesadaran Merek

Manfaat ketiga dari clickbait adalah kesadaran merek. Jika clickbait menghasilkan lebih banyak tampilan halaman dan berbagi sosial, maka lebih banyak orang akan terpapar merek Anda saat konten Anda menyebar ke seluruh web.

Nah, itu dia penjelasan tentang clickbait mulai dari pengenalan clickbait hingga manfaat clickbait. Selain itu, Anda bisa menguak informasi lain di DIGIMA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!