Cara Membuat Web site Toko Online

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Sekarang ini sudah banyak orang yang menerapkan cara jualan online dengan strategi digital marketing. Sayangnya, sebagian besar dari mereka hanya menjual melalui media sosial dan marketplace saja. Padahal sebenarnya, toko online atau e – commerce adalah salah satu cara anda bebas mengelolanya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya anda bebas membuat kampanye promosi, melakukan brading produk, dan bahkan menerapkan cara melalui bisnis dari nol sesuai rencana anda. Nah, anda tak perlu takut membuat situs web toko online itu sendiri. Apalagi kini membuat web site toko online menjadikan lebih mudah untuk dilakukan. Anda cukup menggunakan Content Management System (CMS), seperti WordPress. Toko online anda pun akan siap dalam hitungan menit. Menariknya lagi, anda juga bisa melakukan kostomisasi desain.

Untuk anda yang penasaran bagaimana cara membuat web site toko online, simak artikel di bawah ini ya!

Mengapa Anda Harus Membuat Toko Online?

Meski kini sudah banyak marketplace yang bisa dipakai untuk menjual produk terlaris secara online, tapi akan lebih baik jika anda memiliki toko online lebih unggul!

Hal ini karena anda memiliki kendali atas web site toko online tersebut. Mulai dari mengatur desain web site, kelengkapan yang ingin ditampilkan, dan lainnya. Contohnya seperti web site brand sepatu Nike. Web site Nike menampilkan sub kategori produk khusus di samping kiri halaman. Dengan begitu, konsumen bisa lebih mudah mengeksplor berbagai produk yang ditawarkan. Selain itu, ada juga tombol favorit di samping keranjang belanjaan. Tujuannya, memudahkan konsumen menemukan produk yang disukai. Dengan kata lain, tampilan web site sudah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen brand Nike.

Berbeda dengan marketplace yang tampilan produk tak bisa bebas mengatur. Apa lagi marketplace juga menampilkan produk dari berbagai toko dan brand sekaligus. Hal ini tentu saja membuat persaingan bisnis digital semakin ketat.

Selain itu, margin laba yang didapatkan dari toko online juga bisa lebih besar. Karena, anda mengatur sendiri berapa biaya untuk setiap produk dan menentukan transaksi. Berbeda dengan marketplace yang mengharuskan anda membayar biaya admin.

Cara membuat web site toko online

mendukung anda untuk menyasar pasar global. Melalui toko online, semua orang di seluruh dunia dapat mengakses merek anda dengan mudah. Dengan begitu, maka peluang untuk melakukan ekspansi bisnis dijadikan lebih besar.

Cara membuat toko online 9 langkah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kini anda bisa membuat situs web toko online dengan mudah tanpa harus memahami coding sama sekali. Apa lagi biaya toko online juga tidak terlalu mahal.

Ada 9 langkah yang anda ikuti untuk membuat web site toko online, yaitu:

  1. Pesan Hosting dsan Domain
  2. Intal Situs Web WordPress
  3. Lakukan Pengaturan Situs Web
  4. Mengganti Tema Web site
  5. Instal Plugin WooCommere
  6. Lakukan pengaturan WooCommere
  7. Isi Toko Online dengan Konten Produk
  8. Lakukan Pengaturan Halaman Utama
  9. Gunakan Gerbang Pembayaran

Selain berlatih cara membuat web site toko online di atas, jangan lupa memilih hosting dengan performa yang mumpuni. Misalnya, yang kapasitasnya siap menampung jutaan konsumen toko online anda per bulannya. Jadi, tunggu apa lagi? Buktikan saja keampuhannya, buat toko online sekarang! Dan semoga anda mendapatkan pengetahuan yang lebih luas usai membaca artikel yang telah anda baca. Terima kasih, semoga berhasil!