Cara cek engagement rate Instagram

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Jika Anda ingin mengetahui seberapa banyak audiens Anda terlibat dengan konten dan postingan Anda di Instagram, maka Anda perlu tahu cara cek engagement rate akun Instagram Anda. Engagement rate di instagram mengacu pada angka jumlah rata-rata interaksi penonton dengan sebuah postingan, seperti comments, likes, post saves, dan shares.

Engagement rate dapat menunjukkan keberhasilan strategi Instagram marketing Anda dalam terhubung dengan audiens Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan Engagement rate akun Instagram Anda.

Berikut kami hadirkan informasi mengenai beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek engagement rate dari akun Instagram Anda.

Apa itu engagement rate?

Engagement Rate adalah metrik standar untuk mengukur kinerja konten Anda di platform media sosial, terutama Facebook dan Instagram.  Engagement Rate ini dapat menjadi salah satu tolak ukur untuk tingkat yang diberikan oleh influencer saat bekerja dengan Anda.  Persentase ER ini memberi tahu Anda persentase keterlibatan follower Anda dengan konten yang Anda bagikan di media sosial, seperti foto, video, cerita Instagram, dan lain-lain.

Mengingat ER ini akan menjadi pertimbangan saat memilih endorser influencer yang tepat untuk bisnis Anda. Persentase ER membantu pemasar mengetahui apakah target mereka sesuai dengan target pasar mereka atau apakah konten yang disajikan sudah benar.

Influencer sering memiliki strategi yang salah. Dengan demikian, konten yang disajikan oleh influencer tidak selalu sesuai dengan harapan pengikutnya. Di sisi lain, mereka yang memiliki sedikit pengikut tetapi dapat merujuk konten yang relevan, mungkin memiliki ER yang lebih tinggi.

Cara cek dan menghitung engagement rate Instagram

  • Menggunakan rumus engagement rate

Cara pertama untuk mengetahui engagement rate akun Instagram Anda adalah dengan menghitungnya secara manual menggunakan rumus engagement rate.

Engagement Rate dapat dihitung dengan menambahkan jumlah total interaksi yang diterima kiriman dan membaginya dengan jumlah pengikut. Kemudian kalikan hasil bagi tersebut dengan 100 untuk mendapatkan persentase.

Contoh:

ER = (400 likes + 20 comments) / 2,500 followers x 100

ER = 16.8%

Dengan menggunakan contoh di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa postingan tersebut memiliki tingkat keterlibatan 16,8%.

Nanti Anda dapat membandingkan engagement rate untuk setiap posting untuk mengetahui jenis konten yang paling disukai audiens Anda.

Anda juga harus tahu bahwa membagi jumlah interaksi dengan jumlah followers hanyalah salah satu dari banyak rumus yang digunakan untuk menghitung engagement rate lainnya.

  • Menggunakan tools social media management

Daripada menghitung secara manual engagement rate untuk setiap posting, Anda juga dapat menggunakan berbagai alat pemasaran media sosial untuk mengetahui engagement rate untuk akun Instagram Anda.

Alat yang dapat Anda gunakan untuk menentukan engagement rate untuk akun Instagram Anda termasuk Social Blade dan Phlanx. Cukup masukkan nama pengguna akun Instagram Anda atau akun Instagram pesaing Anda menggunakan dua alat ini.

Setelah Anda memasukkan nama pengguna Anda, alat yang Anda gunakan akan menampilkan data penting tentang akun Anda, termasuk seperti jumlah pengikut, rata-rata jumlah suka dan komentar yang diterima per postingan, termasuk engagement rate akun.

Dengan demikian, Ini hanya beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa atau menghitung engagement rate untuk akun Instagram Anda. Engagement Rate Instagram adalah metrik yang sangat penting untuk mengukur efektivitas posting organik dan berbayar di Instagram.

Informasi atau data engagement ini dapat digunakan untuk meninjau atau meningkatkan strategi pemasaran Instagram di masa mendatang.