Ketahui Pengertian Search Engine Marketing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Perlu diketahui bahwa SEM pernah digunakan sebagai istilah umum yang mencakup SEO (Search Engine Optimization) dan kegiatan pencarian berbayar. Namun seiring perkembangan Search engine marketing dan SEO, maka akronim SEM berubah arti dijadikan pencarian berbayar. Jika kita coba menelusuri apa itu SEM melalui wikipedia maka kita akan mendapatkan pengertian sebagai berikut:

Search engine marketing adalah bentuk pemasaran Internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar.

Namun secara lebih sederhana serta mencakup pengertian yang lebih luas, saya lebih menyukai pengertian disampaikan oleh wordstream sebagai berikut:

SEM adalah praktek memasarkan bisnis menggunakan iklan berbayar yang muncul di halaman hasil mesin pencari (atau SERP).

Jika kita harus menyiapkan sejumlah uang untuk pihak search engine dalam hal ini biasanya Google. Lalu pihak search engine akan menayangkan iklan kita khusus pada kata kunci yang kita pilih, hingga budget kita habis.

Yang perlu dicatat dalam SEM itu ada beberapa hal;

  1. Waktu yang diperlukan lebih singkat dari SEO , setelah menyelesaikan proses pengaturan, iklan anda bisa langsung berjalan dalam hitungan menit.
  2. Teknik yang digunakan sudah baku sesuai standar Google.

Apa Itu SEO

SEO adalah proses alami untuk membuat suatu halaman web mendapat peringkat terbaik dalam halaman hasil pencarian pada kata kunci tertentu.

SEM seringkali dibandingkan dengan SEO. SEO adalah singkatan dari search engine  optimization. Proses ini memungkinkan bisnis anda muncul pada halaman pertama Google tanpa membayar iklan. Untuk mempelajari lebih dalam mengenai topik ini yuk! Simak penjelasan dibawah ini:

Yang perlu dicatat dalam SEO itu ada beberapa hal:

  1. Sumber kunjungan terbesar sebuah web adalah SEO.
  2. Waktu yang diperlukan lebih lama dari SEM, berkisar anatara dua sampai enam bulan.
  3. Teknik yang digunakan dinamis, berubah seiring waktu.
  4. Banyak teknik yang sebenarnya tidak terbukti kebenarannya, hanya asumsu.

Perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEO memiliki hasil akhir yang serupa yaitu membuat web site anda berada di peringkat terbaik pada hasil pencarian. Namun ada beberapa perbedaan.

  • Biaya

SEO : Pada SEO tujuan akhir itu berusaha dicapai dengan metode tanpa melakukan iklan langsung ke mesin pencarian seperti Google alias gratis Walaupun dalam prosesnya SEO pasti juga memerlukan biaya.

SEM : Sedangkan SEM justru langsung menggunakan iklan, dapat anda tidak dapat menjalankan SEM tanpa modal.

  • Waktu

SEO : SEO memerlukan waktu lama. Biasanya hasilnya baru tampak setelah beberapa bulan.

SEM : Berbeda dengan SEO, karena SEM itu berbayar langsung ke pihak mesin pencari, maka hasilnya bisa dikatakan instan, atau langsung tampak saat itu juga.

  • Efek

SEO : SEO walaupun memerlukan waktu yang lama, tapi efeknya juga dapat berlangsung lama.

SEM : Di lain pihak SEM, efeknya hanya terasa selama budget nya anda sediakan belum habis. dijadikan begitu budget nya habis maka web site anda langsung menghilang dari halaman mesin pencari.

  • Target

SEO : SEO tidak memiliki kontrol apapun atas target audience. Yang bisa dilakukan hanya penyesuaian keyword serta bahasa yang digunakan.

SEM : SEM memiliki kontrol penuh terhadap target audience, karena itu merupakan layanan berbayar. Anda pun akan mendapat laporan detail mengenai penargetan tersebut.

Itulah artikel mengenai Apa Itu SEM dan pengertian mengenai search engine marketing. Semoga dengan artikel diatas anda dapat memahaminya. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas Anda bisa mengunjungi akun media sosial kami.