Ketahui Berbagai Manfaat Dari Penggunaan Ekuitas Merek

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Ekuitas merek juga disebut dengan brand equity. Ekuitas merek adalah kepercayaan atau seperangkat aset yang berhubungan dengan brand tertentu. Oleh karena itu, ekuitas merek mempunyai berbagai macam manfaat bagi seseorang yang telah menerapkannya. Misalnya saja ekuitas merek dapat mempengaruhi nilai produk karena dapat mengurangi atau menambah nilai dari suatu brand. Ekuitas merek juga bisa meningkatkan pemahaman pelanggan tentang nilai produk. 3 manfaat dari ekuitas merek secara umum yaitu,

Manfaat dari Ekuitas Merek

Kuat dalam persaingan bisnis

Anda pastinya telah mengetahui bahwa merek Iphone dan Samsung merupakan salah satu contoh bahwa ekuitas merek ini telah mempengaruhi persaingan bisnis. Terdapat berbagai merek terbaru yang jauh lebih murah, tetapi sebagian orang masih sangat meminati kedua brand di atas.

Dengan membangun merek yang kuat, Anda dapat menanamkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek Anda. Merek yang kuat tidak akan khawatir dengan banyaknya persaingan karena memiliki pelanggan yang loyal.

Pelanggan yang loyal tidak akan perlu takut atau khawatir terhadap kenaikan harga dari merek produk Anda.

Saat ini, semakin banyak merek ponsel baru yang telah menawarkan harga dengan relatif murah dengan peralatan yang cukup lengkap. Namun, untuk merek yang sudah berkembang dan mempunyai equity yang maksimal, kenaikan harga tidak menjadi suatu masalah. Merek dengan nilai yang lebih tinggi umumnya dianggap sebagai merek yang mempunyai kualitas lebih. Anda dapat mengambil kesimpulan bahwa meskipun harga produk Anda sangat tinggi, pelanggan akan mengetahui bahwa kualitas dari produk Anda itu sangat bagus, jadi mereka akan tetap membeli produk Anda walaupun sudah tahu harga dari produk Anda itu sangat tinggi.

Kalahkan pesaing Anda melalui diferensiasi produk

Dengan merek Anda yang telah kuat, Anda tak perlu khawatir untuk menaikkan harga dari produk Anda atau meluncurkan produk terbaru yang harganya lebih mahal dari harga produk pesaing Anda. Mengapa demikian? Karena para pelanggan telah percaya bahwa kualitas produk Anda memang tergolong mempunyai kualitas yang sangat tinggi. Selain itu, perusahaan dengan ekuitas merek menggunakan diferensiasi pada produk Anda untuk mendominasi pasar dan dengan demikian, Anda bisa mengalahkan pesaing Anda.

Selain manfaat secara umum di atas, kami juga merangkum beberapa manfaat yang lain mengenai manfaat ekuitas merek. Apa saja manfaatnya? Manfaatnya yaitu,

  1. Loyalitas akan mempunyai dampak yaitu pelanggan akan melakukan transaksi berulang.
  2. Memungkinkan perusahaan Anda untuk menetapkan harga yang lebih tinggi(premium)
  3. Anda bisa memberikan kredibilitas kepada brand lain dengan menggunakan merek Anda
  4. Aktivitas pengembalian akan lebih tinggi
  5. Diferensiasi relatif dari pesaing akan lebih jelas, berharga, dan lebih berkelanjutan
  6. Bisa memberikan dampak terhadap pemfokusan internal yang lebih jelas.
  7. Dapat membangun toleransi kepada pelanggan terhadap ketidaksusesan suatu produk melalui loyalitas merek yang cukup tinggi
  8. Dapat menarik karyawan yang berkualitas dan juga mempertahankan karyawan lama yang mempunyai kualitas tinggi
  9. Mendorong pelanggan dalam menggunakan faktor merek pada saat mengambil keputusan pembelian
  10. Memberi pengakuan terhadap merek yang lain dengan memakai merek tersebut
  11. Meningkatkan hasil yang lebih tinggi
  12. Menjadi pembeda dari berbagai pesaing
  13. Anda bisa memberikan nilai yang jelas dan permanen pada produk dan layanan Anda
  14. Memandu konsumen dalam mengambil keputusan pembelian terhadap brand Anda
  15. Bisa meningkatkan loyalitas pelanggan

Itu saja manfaat dari ekuitas merek bagi bisnis. Semoga bisa menambah wawasan Anda.