Simak 4 Tujuan dan 8 Manfaat dari Segmentasi Pasar

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Segmentasi pasar merupakan sebuah strategi pemetaan target konsumen yang berdasarkan karakteristik, kebutuhan, serta perilaku agar sebuah perusahaan mampu untuk mengenali suatu kelompok konsumen dengan lebih baik. Secara umum, segmentasi telah dibagi menjadi empat jenis segmentasi pasar. Yakni segmentasi perilaku, geografis, psikografis, dan juga demografis. Segmentasi pasar ini telah terbagi sesuai dengan fungsinya. Namun apakah Anda sudah mengetahui apa saja tujuan serta manfaat dari segmentasi pasar tersebut? Berikut dapat Anda simak 4 tujuan dan 8 manfaat dari segmentasi pasar.

Tujuan Segmentasi Pasar

Apa aja sih tujuan dari segmentasi pasar? Pada dasarnya, salah satu alasan dari segmentasi pasar yakni karena pasar yang memiliki sifat dinamis ataupun berubah-ubah. Sehingga suatu bisnis harus mengikuti setiap perubahan tersebut agar tetap mampu untuk bertahan dan terus berkembang. Adapun berbagai tujuan dari segmentasi pasar yang dapat Anda simak berikut ini.

  1. Mengenali Kompetitor Bisnis

Mengenali competitor bisnis Anda merupakan salah satu tujuan dari segmentasi pasar. Saat Anda telah mengetahui segmen mana akan digeluti, tentu saja Anda akan melihat siapa saja dan berapa kompetitor yang ada di dalamnya. Hal tersebut dapat dijadikan acuan dasar untuk Anda menentukan sebuah strategi pemasaran yang tepat. Anda dapat mempelajarinya serta mencontoh ataupun mengevaluasi berbagai taktik dalam pemasaran untuk menarik minat para pelanggan.

  1. Meningkatkan Pelayanan Menjadi Lebih Baik

Tujuan yang lain dari segmentasi pasar adalah untuk meningkatkan pelayanan menjadi jauh lebih baik lagi. Setelah Anda mengetahui segmentasi pasar bagi bisnis, Anda dapat menerapkan layanan yang sesuai.

  1. Bahan Evaluasi dan Perencanaan Bisnis

Segmentasi pasar juga dapat ditujukan sebagai bahan evaluasi ataupun perencanaan bagi perusahaan. Anda akan menjadi lebih mudah untuk memahami dan mempelajari setiap strategi pemasaran yang telah dilakukan untuk dapat membuat rencana bisnis dengan baik dan juga cerdas untuk kedepannya.

  1. Meningkatkan Efektifitas Strategi Pemasaran

Tujuan segmentasi pasar yang lainnya adalah untuk meningkatkan efektifitas sebuah strategi pemasaran produk ataupun jasa yang telah ditawarkan. Sebab, dengan adanya pengetahuan tentang target konsumen, proses marketing suatu bisnis juga akan jauh lebih terarah, Mulai dari promosi, distribusi, produksi, dan lain sebagainya.

Manfaat dari Segmentasi Pasar

Seperti penjelasan diatas, bahwa segmentasi pasar memiliki peran yang penting bagi sebuah bisnis karena berbagai manfaat yang telah diberikannya. Adapun manfaat dari segmentasi pasar adalah sebagai berikut ini.

  1. Dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
  2. Dapat meningkatkan daya tarik konsumen.
  3. Untuk mempermudah perusahaan dalam mengatur produk maupun jasa yang telah ditawarkan.
  4. Untuk membantu perusahaan agar fokus terhadap kelompok target konsumen tertentu saja.
  5. Dapat membuka peluang lebih besar terhadap pertumbuhan bisnis.
  6. Untuk membantu pemasaran menjadi lebih baik dan juga terarah.
  7. Untuk mempermudah perusahaan dalam mengelola keuangan, khususnya untuk pemasaran.
  8. Dapat meningkatkan daya saing bersama kompetitor.

Syarat Dasar dari Segmentasi Pasar

Saat Anda menjalankan sebuah strategi dan menentukan segmentasi pasar, tentunya hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena pada dasarnya, ada beberapa syarat dasar yang perlu dan harus perusahaan atau pebisnis penuhi, seperti berikut ini.

  • Bisa diukur, yang artinya pembagian konsumen yang telah dilakukan harus terukur, entah itu dari besar, jumlah, luas, ataupun daya beli dalam setiap kelompok pasar.
  • Bisa dibedakan, yang memiliki maksud tiap-tiap kelompok target pasar adalah hal yang mampu dilaksanakan dan terjangkau oleh suatu perusahaan.
  • Logis dan bisa dijangkau, yaitu artinya segmentasi pasar adalah hal yang mampu dilaksanakan dan terjangkau oleh perusahaan.
  • Telah memiliki skala atau ruang lingkup target yang cukup besar.
  • Target pasar yang akan dituju berpeluang memberikan keuntungan bagi bisnis.

Itulah penjelasan singkat mengenai 4 tujuan dan 8 manfaat serta syarat dasar dari segmentasi pasar. Jadi, dapat disimpulkan jika segmentasi pasar merupakan strategi untuk membantu suatu perusahaan dalam menjangkau target yang sesuai dan tepat berdasarkan kelompok tertentu.