4 Jenis Niche Konten Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Niche akan dapat menjadi hati dan nyawa sebuah blog untuk kita apabila dipilih dengan bijak. Dengan memilih niche yang sesuai hal ini merupakan sebuah paradigma yang utama dibalik blogging yang baik. Namun biasanya untuk blogger baru akan memiliki potensi untuk melakukan sebuah kesalahan ketika memilih niche. Disisi lain, saat Anda tidak fokus pada satu niche blog, makak akan membuat Anda kesulitan dalam membuat sebuah konten. Dan mungkin akan membuat Anda semangat untuk membuatnya dan akibatnya akan berdampak buruk terhadap blog ataupun website Anda. Berikut ini 4 Jenis niche konten beserta kelebihan dan kekurangannya yang perlu untuk Anda pahami.

Jenis-jenis Niche Konten

Ketika Anda membuat suatu blog yang menarik, maka blog tersebut akan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami apa saja jenis-jenis niche konten berikut ini :

  1. Micro niche

Micro niche merupakan niche pada blog yang mempunyai pembahasan sudah lebih detail dan lebih sempit. Misalnya saja jika Anda akan membahas tentang penulisan SEO, maka Anda akan fokus pada bagian kata kunci saja.

  1. Whole niche

Whole niche adalah jenis niche pada suatu blog yang mencakup Bahasa cukup luas hingga pada seluruh topik. Misalnya pada blog Anda akan membahas topik mengenai computer. Maka isi di dalam blog Anda akan membahas mulai dari sejarah, perkembangan, sampai pembahasan lain yang relevan.

  1. Themed niche

Themed niche merupakan niche yang memiliki cakupan Bahasa yang terarah pada satu topik tertentu saja. Jika Anda membahas mengenai penulis, maka Anda akan membahas tentang bagaimana Search Engine Optimization (SEO) sebagai seorang penulis.

  1. Broad niche

Broad niche adalah jenis niche pada suatu blog yang mencakup Bahasa namun tidak membahas secara menyeluruh, hanya sebagian besar topik yang digunakan saja. Misalnya saat Anda membahas langkah menjadi seorang blogger, maka broad niche ini akan mengusut tentang bagaimana tata cara yang benar menjadi seorang blogger.

Kelebihan dan Kekurangan sebuah Niche

Banyak yang memilih blog hanya dengan satu niche konten saja. Karena mempunyai alasan jika memilih blog niche maka mengatur SEO jadi lebih mudah. Tetapi disamping itu, ada beberapa kelebihan serta kekurangan dari sebuah niche konten yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Niche Konten

1. Memiliki peluang besar untuk tampil di halaman pertama pada mesin pencarian. Jadi seiring berjalnnya waktu, konten yang telah Anda buat salah satunya akan memiliki kemungkinan besar untuk dapat tampil di halaman pertama mesin pencarian.

2. Blog niche akan disukai pengiklan. Jika ada seseorang yang suka dengan blog Anda dan kebetulan mereka memiliki produk yang sama dengan hal-hal yang berkaitan dengan blog Anda, secara tidak langsung mereka juga ingin memasarkan produknya melalui halaman konten Anda.

3. Pada hal ini kemungkinan besar pembaca akan setia dengan konten Anda. Hal itu dikarenakan pengunjung merasa nyaman dan selalu dapat menemukan apa yang para pembaca butuhkan untuk mereka.

4. Mempunyai daya konten yang dapat dipercaya.

Dengan blog yang membahas satu topik saja, maka akan lebih mudah diterima oleh para pengunjung situs. Selain mereka mendapatkan informasi yang tepat dan akurat, situs yang membahas satu topik saja juga akan dianggap kredibel serta dapat dipertanggungjawabkan.

Kelemahan Niche Konten

1. Persaingan SEO yang lebih ketat. Karena dengan Anda memiliki satu niche pada suatu konten tentu akan ada pesaing lainnya. Jadi secara tidak langsung Anda akan bersaing dengan situs-situs seperti itu.

2. Penulispun akan mudah kehabisan ide, apabila Anda mengelola blog sendirian. Akan menjadi lebih sulit untuk mencari ataupun menggali ide untuk blog kita. Mengingat kita hanya membahas satu topik yang mendalam.

3. Memiliki jumlah trafik yang cukup terbatas. Pada jumlah lalu lintas data yang bisa didapat dari konten akan terbatas tergantung pada banyaknya pengunjung yang tertarik dengan niche yang Anda tulis.

Itulah penjelasan singkat mengenai 4 jenis niche konten beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengetahui serta memahami apa saja kelebihan dan kekurangan pada niche konten, tentu Anda akan lebih bisa mengoptimalkan niche apa yang tepat untuk Anda pilih.