Ketahui 5 Cara Kerja TikTok Dalam Strategi Pemasaran

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Strategi marketing untuk promosi bisnis tentunya menjadi aspek yang penting dan salah satu caranya adalah dengan memasang iklan di TikTok. Faktanya, kebanyakan orang menganggap TikTok tidak lebih dari platform bagi massa muda untuk menari dan membelai konten yang sering dianggap tidak berarti. Tapi siapa sangka TikTok bisa menjadi media yang ampuh untuk mempromosikan bisnis Anda? Sejak diluncurkan secara resmi di Indonesia pada September 2017, TikTok dengan cepat menarik perhatian banyak orang. Ya, tetapi dianggap sebagai platform promosi bisnis online dengan reputasi buruk. TikTok mulai didorong oleh orang-orang dengan konten yang menarik dan inspiratif. Puncaknya adalah pertengahan tahun 2020, ketika bisnis UMKM tumbuh pesat dan konten dengan tagar #smallbusiness mulai bermunculan. Sejak saat itu, beriklan di TikTok menjadi pilihan bagi orang-orang yang memiliki bisnis online ketika banyak konten viral, termasuk tagar #smallbusiness, terbukti sangat berhasil meningkatkan penjualan untuk bisnis. Yuk, ketahui cara kerja tiktok!

Pengertian Tiktok

Media sosial sebagai media periklanan selama ini sangat efektif dan dapat menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Hal ini dibuktikan oleh banyak pengusaha. Apalagi sekarang, Anda dapat memilih dari berbagai jenis media sosial untuk memaksimalkan kemajuan bisnis Anda. Misalnya, Facebook memiliki banyak pengguna, Twitter, Instagram, dan sekarang TikTok yang paling populer.

TikTok adalah media sosial di mana orang dapat berbagi konten dalam bentuk video. Setiap video yang diposting di TikTok berdurasi 15 detik dan dapat digabungkan dengan video hingga 60 detik. Platform ini tidak hanya dapat digunakan untuk berbagi konten hiburan, tetapi juga untuk menjalankan promosi di TikTok. Buat saja video, tambahkan musik latar dan efek agar lebih menarik. Pengguna TikTok dapat menyukai, berkomentar, dan berbagi video. Semakin banyak interaksi pengguna, semakin besar kemungkinan produk Anda akan dipromosikan ke pengguna lain. Tingkat interaksi Instagram yang tinggi juga menjadikan TikTok sebagai media yang sangat cocok untuk membangun brand awareness produk.

Kemunculan TikTok sendiri dimulai dengan akuisisi Bytedance atas Musical.ly pada September 2017. Setahun yang lalu, Bytedance merilis Douyin, Musical.ly versi Cina. Sayangnya, media sosial ini bertentangan dengan kebijakan sensor pemerintah China dan tidak dapat diluncurkan ke pasar internasional. Pada 2017, setelah melihat potensi Musical.ly, perusahaan teknologi itu membelinya seharga $1 miliar. Akhirnya, pada tahun 2018, TikTok dan Musical.ly resmi bermitra. Alasan merger adalah misi bersama bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pencipta.

Ketahui 5 Cara Kerja TikTok

Menggunakan hashtag saat membuat video

Cara mempromosikan TikTok adalah dengan hashtag. Jangan lupa untuk menggunakan hashtag saat menggunakan TikTok. TikTok juga mengatakan hashtags adalah bagian dari informasi video yang dapat digunakan sebagai referensi untuk merekomendasikan video kepada pengguna TikTok lainnya. Jangan memilih hashtag secara acak. Gunakan hashtag yang paling relevan dengan konten bisnis yang Anda buat.

Konsisten saat memposting konten

Cara meningkatkan brand awareness di media sosial Triknya adalah Anda harus konsisten saat memposting konten video agar dapat dilihat oleh pengikut Anda. Jika pengguna menyukai video Anda, itu akan muncul di halaman pengguna lain. Semakin banyak suka yang Anda dapatkan, semakin banyak video yang dapat Anda sertakan di halaman Anda atau halaman FYP. Setelah ini terjadi, tujuan meningkatkan kesadaran merek dapat tercapai.

Menanggapi Komentar Pengguna

Jika seseorang mengomentari posting Anda, jangan lupa untuk membalas. Pilih komentar yang paling positif dan berikan jawaban yang sesuai dengan keingintahuan pengguna. Anda juga dapat mengomentari postingan orang lain untuk meningkatkan brand awareness untuk bisnis Anda. mengapa itu terjadi? Ini karena nama pengguna Anda mungkin muncul di bagian atas ketika Anda meninggalkan komentar di posting pengguna lain dan mendapatkan suka. Beginilah cara kerja algoritma di TikTok.

Penggunaan Iklan TikTok

Hari ini, Anda juga dapat membuat iklan di TikTok menggunakan fitur Iklan TikTok. TikTok sendiri menawarkan empat jenis produk: iklan in-feed, efek/filter merek, tantangan tagar mengemudi, dan pengambilalihan merek. Iklan dalam feed adalah iklan yang muncul saat pengguna menggulir feed. Brand Effect/Filter adalah filter atau efek khusus pada informasi produk. Promosi tantangan hashtag adalah iklan yang mendorong pengguna untuk menggunakan tantangan hashtag.

Pengambilalihan merek adalah iklan terbatas dalam format video, gambar, atau GIF yang hanya muncul sekali sehari saat Anda membuka aplikasi TikTok. Di antara keempat jenis iklan tersebut, in-feed ads adalah yang paling populer di kalangan pebisnis. Ini karena biaya iklan biasanya lebih rendah dan iklan Anda akan muncul di umpan pemirsa Anda. Selain itu, Anda memiliki opsi penargetan perilaku dan minat untuk mengoptimalkan iklan Anda.

Lihat data Analisis Iklan TikTok

Cobalah iklan TikTok dan Anda akan dapat melihat hasil datanya. Data ini nantinya dapat digunakan untuk menganalisis apakah strategi tersebut berhasil. Untuk menggunakannya, pilih menu Analytics di akun TikTok Anda, lalu pilih Lihat Analytics untuk melihat hasil analisis untuk setiap posting. Ada juga fitur analisis pengikut yang dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku pengikut Anda.

Banyak tantangan tren TikTok sekarang menghadirkan peluang pertumbuhan untuk bisnis. Jangan ragu lagi untuk mencoba strategi pemasaran TikTok yang sangat cocok untuk tahun 2022. Setelah menerapkan beberapa tips kami untuk meningkatkan penjualan di TikTok, kami berharap strategi ini berhasil bagi Anda untuk mencapai tujuan bisnis yang Anda inginkan.

Jadi, TikTok tidak hanya digunakan sebagai media hiburan, tetapi cukup kuat untuk diandalkan untuk mempromosikan produk Anda, yakni sebagai salah satu strategi pemasaran. Saat ini, banyak orang menyukai aplikasi TikTok, ini adalah peluang bagus untuk menggunakan tiktok sebagai media promosi. Jadi, Anda sebaiknya mengetahui cara kerja aplikasi Tiktok.