Kenali Public Relation(PR) pada Strategi Marketing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Anda pastinya sering tidak menyadari adanya Public Relation dengan banyak liputan media massa. Padahal, aslinya Public Relation ini merupakan salah satu strategi yang bersifat fundamental untuk menggambarkan sebuah organisasi perbisnisan, di mana pada tiap-tiap langkah itu diukur dengan sistematis. Perkembangan tren komunikasi ini juga menjadi salah satu kunci utama bahwa pubic relation harus menjadi koalisi dominan perusahaan. Makanya, kebanyakan hal ini menggunakan media sosial. Lalu, apa sih Public Relation itu? Yuk, simak!

Pengertian Public Relation

Public Relation pada umumnya merupakan strategi perusahaan dalam membangun hubungan baik dengan publiknya guna memperoleh umpan balik yang positif dari masyarakat sekitar. Public Relation sangat penting dalam membangun citra atau visibilitas positif kepada masyarakat luas dari perusahaan yang bersangkutan. Penting bagi perusahaan dan organisasi untuk memaksimalkan fungsi Public Relation mereka. Hal ini karena akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan kedepannya.

Public Relation pada strategi marketing sebenarnya dapat diartikan sebagai komunikasi dua arah, atau komunikasi dua arah antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakatnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan akan tumbuh dan dikenal masyarakat sebagai perusahaan yang aktif berinteraksi dengan masyarakat. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari definisi, peran, strategi, dan keterampilan Public Relation untuk pengembangan perusahaan.

Secara umum, Public Relation adalah proses interaksi antara bisnis dan masyarakat, upaya untuk menciptakan opini publik yang positif sebagai masukan bagi kedua belah pihak. Public Relation adalah sebuah profesi di bidang komunikasi yang perannya adalah memfasilitasi pencapaian tujuan perusahaan. atau tujuan organisasi secara tepat, terencana dan berkesinambungan. Di bawah ini beberapa pengertian dari Public Relation menurut para ahli,

  1. Coulsin-Thomas mengemukakan pandangan Public Relation sebagai suatu proses atau kegiatan terencana yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara suatu organisasi dengan pihak-pihak di luar organisasi.
  2. Menurut Maria (ahli Public Relation), Public Relation adalah kelangsungan hidup suatu organisasi atau bisnis.

Pentingnya Public Relation bagi Perusahaan

Sekarang, banyak teknologi dan informasi yang berkembang dengan begitu pesat. Tak lupa dengan Public Relation. Ini merupakan salah satu elemen penting yang harus dimiliki pada suatu perusahaan. Apalagi bila perusahaan itu masuk dalam perusahaan yang cukup sedang atau besar. Makanya, adanya citra perusahaan yang baik akan tumbuh suatu kepercayaan publik terhadap suatu produk atau layanan, hal ini bisa menyebabkan keuntungan bagi sebuah perusahaan.

Tugas dari PR ini ialah merancang hubungan dengan pihak luar perusahaan terutama dengan masyarakat. Prosedur dari hal ini mempunyai tujuan supaya saling menguntungkan, menanamkan keinginan yang baik, menjaga kepercayaan sehingga muncul citra yang baik dari publik terhadap perusahaan.

Tujuan Public Relation

Anda harus mengetahui bahwa dalam strategi Public Relation ini mempunyai beberapa tujuan. Adapun beberapa tujuan tersebut antara lain,

  • Mengefektifkan dalam rangka pembangunan kesadaran merek dan branding.
  • Mempromosikan saling pengertian di antara kelompok sasaran dan perusahaan.
  • Meningkatkan sinergi dalam fungsi pemasaran dengan adanya hal ini.
  • Mensupport himpunan pemasaran.
  • Meningkatkan citra perusahaan yang bersifat positif kepada masyarakat.

3 Strategi yang Digunakan oleh Profesional Public Relation

Setiap perusahaan harus selalu mencari kemajuan dalam setiap usahanya. Berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari peningkatan kualitas produk, periklanan hingga penambahan produk baru. Oleh karena itu, Anda perlu mengadopsi strategi PR untuk meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan publik, dan meningkatkan reputasi perusahaan Anda.

Memahami berbagai jenis strategi PR yang tersedia dapat membantu Anda mencapai hasil yang lebih baik. Strategi hubungan masyarakat adalah upaya untuk mengembangkan cara di mana perusahaan dapat mengelola hubungan masyarakatnya untuk membantunya menemukan cara untuk melibatkan audiensnya dan mencapai tujuan bisnisnya. Strategi yang baik tidak hanya meningkatkan reputasi perusahaan Anda, tetapi juga membantu perusahaan Anda mengatasi situasi masalah. Berikut adalah tiga strategi yang dapat digunakan oleh para profesional PR:

  • Media Korporat: Ini termasuk outlet yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan. Misalnya Blog, situs media sosial, atau saluran video.
  • Media yang Disetujui: Ini mengacu pada konten yang dibuat oleh pihak ketiga untuk merek atau perusahaan tanpa dibayar. Misalnya, Ulasan Online, Postingan Media Sosial.
  • Media Berbayar: Ini adalah strategi perusahaan yang membayar media untuk meningkatkan jangkauan dan kesadaran mereka. Misalnya, Iklan, Posting Sponsor, atau Konten Influencer.

Strategi hubungan masyarakat (PR) yang baik dapat membuat perusahaan Anda sukses. PR membutuhkan pendekatan kreatif untuk menarik perhatian audiens Anda dan menyampaikan pesan Anda secara keseluruhan. Inti dari PR adalah mengembangkan strategi yang membantu mempertahankan citra perusahaan yang positif dan menghubungkannya dengan audiens yang tepat. Setiap hari, ribuan start-up kecil dan bisnis menengah menjalankan kampanye PR yang bertujuan untuk menarik perhatian publik terhadap produk dan layanan yang mereka tawarkan.

5 Strategi Public Relation yang Bisa Anda Terapkan

Namun, menggunakan layanan PR ada biayanya. Terutama di perusahaan kecil. Namun, seperti dilansir Forbes pada Sabtu (1 Januari 2022), Anda dapat menerapkan lima strategi PR berikut ini sendiri untuk mengembangkan bisnis Anda tanpa membayar layanan PR profesional. .

1. Kenali Audiens Anda

Anda perlu mengetahui dan memahami audiens yang beragam. Produk atau jasa yang ditawarkan mungkin sangat bagus. Tetapi produk atau layanan Anda tidak akan berhasil jika audiens Anda tidak menginginkannya. Salah satu strategi PR yang dapat Anda terapkan adalah memprioritaskan pasar tertentu dan mengidentifikasi pesan yang paling relevan untuk pasar tersebut. Semua konten yang dibuat harus mempertimbangkan audiens.

2. Tetapkan Tujuan

Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dan bagaimana mencapainya. Ini memungkinkan Anda untuk menentukan audiens yang perlu Anda jangkau dan sarana yang tersedia untuk menjangkau audiens tersebut.

3. Rencanakan

Kampanye hubungan masyarakat yang sukses membutuhkan pelaksanaan banyak tugas yang direncanakan dan berkelanjutan. Anda dapat memulai dengan membuat daftar kontak media, eksekutif perusahaan, pelanggan, dan perusahaan yang memiliki peluang untuk berkolaborasi.

4. Lakukan Riset

Kampanye PR yang sukses membutuhkan rencana yang matang. Penelitian adalah bagian penting dari PR karena memungkinkan Anda untuk menyusun strategi. Anda ingin menjangkau audiens target Anda dengan pesan tertentu. Akibatnya, audiens Anda juga tertarik dengan informasi yang Anda bagikan tentang produk dan layanan yang tersedia untuk Anda.

5. Berpikirlah Seperti Seorang Konsumen

Salah satu rencana kampanye PR yang paling efektif adalah siaran pers. Sebaliknya, pastikan tim PR Anda adalah penulis yang baik. Semakin Anda berpikir seperti seorang jurnalis, semakin sukses Anda bersama orang yang tepat.

Itu saja pembahasan saat ini, semoga bisa menambah wawasan Anda.