Cara Meningkatkan Brand Image Pada Produk

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Di dunia sekarang ini, brand image merupakan salah satu media yang paling berguna dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan dari suatu produk. Banyak orang yang mulai memperhatikan ide dalam berbisnis dan produk yang sedang mereka tawarkan. Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan?

Ada bermacam-macam brand image yang bisa membantu publik dalam mempelajari lebih lanjut mengenai perbisnisan Anda. Apalagi dengan adanya penyebaran informasi yang begitu cepat yang bisa digunakan oleh kebanyakan orang dalam mendapatkan gambaran yang mudah dijumpai mengenai bisnis Anda, merupakan suatu keunggulan yang sangat besar. Lalu, apa yang harus Anda perhatikan dalam meningkatkan brand image? Yuk, simak pengertiannya!

Pengertian Brand Image

Brand image atau biasanya disebut dengan citra merek adalah persepsi terhadap suatu merek yang sama dengan himpunan merek yang ada di benak konsumen. Secara sederhana, konsep ini merupakan sebuah citra merek dari suatu produk tertentu. Menurut Philip Kotler, brand image adalah kepercayaan, gagasan, atau kesan individu terhadap suatu merek. Citra merek juga merupakan persepsi yang sengaja diciptakan oleh sebuah perusahaan untuk tetap mengakar kuat di benak konsumen.

Adapun komponen brand image yaitu citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Kita sering menjumpai brand image di mall, restoran, dan pabrik. Dalam strategi pemasaran, Brand image yang baik dan kuat mempengaruhi penjualan produk. Jika baik maka penjualan akan baik, dan sebaliknya jika buruk maka akan sulit untuk dijual. Saat ini, terdapat contoh produk dan citra merek perusahaan yang terkenal di dalam dan luar negeri. Misalnya saja Burger King yang mempunyai citra merek berupa restoran yang menyajikan burger besar yang lezat.

Cara meningkatkan brand image

Dalam teknik pemasaran, citra merek termasuk dalam kategori positioning. Artinya, bagaimana menempatkan suatu merek atau produknya di benak konsumen. Hal ini diperlukan karena yang baik dan efektif dapat meningkatkan penjualan produk Anda. Jika Anda ingin meningkatkan citra merek perusahaan Anda, berikut adalah lima cara dalam meningkatkannya!

Pembuatan desain logo yang menarik

Desain logo yang menarik akan menyenangkan pelanggan Anda dan membuatnya mudah diingat. Logo adalah identitas merek sebuah perusahaan atau produk. Dengan membuat desain logo yang unik, modern, dan berorientasi pasar, Anda dapat membuat produk atau perusahaan Anda mudah dikenali dan mempengaruhi perkembangan produk atau perusahaan tersebut. Logo yang baik dan tepat dapat menimbulkan kesan elegan, mudah dan nyaman bagi yang melihatnya.

Lakukan promosi yang efektif

Anda harus melakukan tindakan promosi. Namun, promosi tidak harus sama dengan iklan. promosi yang baik adalah promosi yang efektif. Seberapa efektif promosinya? promosi yang baik dan efektif adalah promosi yang memiliki target pasar yang jelas dan promosi yang dibuat tepat sasaran. Selain itu, konten promosi harus jelas, informatif dan yang terpenting menarik agar calon pelanggan dapat membaca dan menonton iklan tersebut.

Tingkatkan kualitas produk dan pelayanan

Meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda yang bertujuan supaya pelanggan selalu puas. Kualitas pelayanan yang baik bisa membuat identitas produk Anda juga baik. Sehingga sangat efektif dalam menciptakan dan meningkatkan brand image dari produk Anda. Selain itu, pelanggan cenderung membeli lagi daripada harus berganti pada produk pesaing Anda. Pastinya Anda telah mengetahui bahwa setiap pelanggan pastinya mempunyai karakteristik yang tidak sama. Sebagian orang sangat rentan mengambil keputusan yang berdasarkan dari ulasan dan detail produk. Anda harus mengingat bahwa brand image tidak hanya dinilai dari gambaran produk saja, namun kualitasnya juga. Makanya, untuk memenuhi permintaan para pelanggan terhadap preferensi produk tertentu, Anda harus berupaya untuk mengevaluasi kualitas produk dan juga berinovasi pada produk baru Anda.

Ciptakan merek yang mudah diingat

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk membangun citra merek yang hebat adalah menarik perhatian pelanggan terhadap semua jenis produk yang Anda jualbelikan. Memang, tanpa sesuatu yang menarik, pelanggan tidak dapat mengalami dan merasakan semua manfaat dan layanan yang harus diciptakan oleh suatu produk. Karena ketika pelanggan membutuhkan produk, mereka selalu mengingat mereknya. Secara tidak langsung, brand yang mudah diingat semacam ini dapat membuat semua pelanggan loyal terhadap produk tersebut.

Menggunakan jasa influencer

Karena penggunaan influencer saat ini sangat efektif dalam memasarkan produk, layanan influencer juga dapat digunakan untuk meningkatkan citra brand produk Anda. Sebagai contoh iklan influencer, jika Anda ingin menjual produk makanan ringan, Anda dapat menggunakan jasa YouTuber yang profilnya sesuai dengan jenis produk. Sebagai contoh, para youtuber yang sering mereview makanan sering kali memberikan informasi seperti jajanan enak dan tempat membelinya.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara meningkatkan brand image. semoga pembahasan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.