Apa Itu Kultwit dan Cara Membuat Kultwit Di Twitter?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Twitter sekarang mendukung pembuatan thread di timeline. Baiklah, mari kita bicara tentang cara membuat tweet bersambung di Twitter. Salah satu hal yang sering dilakukan orang di Twitter adalah menulis kultwit atau tweet bersambung. Secara historis, pengguna Twitter telah menggunakan trik mereka sendiri untuk melakukan ini.

Sebelumnya, mari kita bahas dulu artinya. Istilah Kultwit, kependekan dari kuliah Twitter, dikenal di Twitter. Dari sisi bahasa, istilah ini hanya dikenal di Indonesia. Kultwit juga dapat diartikan sebagai membuat rangkaian kicauan. Kita bisa menyebutnya tweet (serangkaian tweet). Namun istilah Tweetan tidak sepopuler Kultwit. Tujuan adalah untuk membantu pembaca memahami bagian-bagian tweet tanpa salah mengartikannya. Metode ini juga dengan lembut mendorong pengguna Twitter untuk melihat akun kami.

Twitter sejak itu menjadikan fitur Cult atau Tweetstorm sebagai fitur resmi. Mereka menyebutnya “threading”. Benang artinya benang. Ini memudahkan pembuatan konten dengan utas umum atau terkait. Saya sudah memiliki aplikasi yang mendokumentasikan tweet secara berurutan. Contoh: http://chirpstory.com/ dan https://storify.com/. Menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Cukup ikuti petunjuk di kedua situs web. Pada dasarnya, semua aplikasi saat ini bertujuan untuk menjadi yang paling mudah digunakan.

Cara membuat kultwit atau tweet bersambung (Thread)

Berikut Langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat kultwit.

  • Buka aplikasi Twitter Anda.
    • Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengunduhnya untuk Android atau iPhone.
  • Tekan tombol untuk membuat Tweet baru (kanan bawah di Android, kanan atas di iPhone). Anda dapat menambahkan foto, video, dan lainnya.
  • Anda dapat membuat Tweet lain dengan menekan tombol +.
  • Lanjutkan sampai semua pesan ditulis.
  • Ketuk tombol Tweet All di pojok kanan atas.
  • Semua tweet bersambung akan dikirim.

Anda juga dapat menambahkan kultwit yang dikirim dalam tweet baru. Cukup tekan tombol “Add another tweet” pada Tweet.

Nah, yang menguntungan dari fitur tweet bersambung Twitter ini  adalah Anda dapat dengan mudah mengikuti semua tweet tersebut. Ini berbeda dari gaya kultwit lama. Fitur ini akan menunjukkan tanda Show this thread di Timeline.

Apa manfaat kultwit untuk Anda dan untuk orang lain?

Sekarang, berbicara tentang manfaat kultwit, saya pikir Anda sudah tahu.

Jika Anda pengguna Twitter aktif dengan ribuan pengikut, Anda dapat menggunakan kultwit untuk mendiskusikan hal-hal bermanfaat yang sesuai dengan niche akun Twitter Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki berniche humor di akun Twitter Anda, Anda dapat memulai kultwir terkait humor setiap beberapa minggu. Sebagai contoh, Anda akan membuat kultwit seputar berbagai teknik stand-up comedy dan membahas bagaimana dunia komedi telah berkembang di Indonesia.

Anda dapat mendiskusikannya dan berdebat dengan pengikut Anda. Undang mereka untuk berkomentar dan membalas Kultwit Anda. Saya yakin akun Twitter Anda akan lebih hidup dan seru. Jika Anda terlalu malas untuk melakukan aliran sesat dan hanya ingin menikmati menikmati kultwit orang lain untuk menimba ilmu, Anda bisa melakukannya.

Twitter mungkin tidak sepopuler Instagram saat ini. Namun media sosial dapat membantu kita untuk melihat dan mendiskusikan informasi terbaru.

Fitur threading Twitter memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat thread yang menarik dan diminati banyak orang, termasuk kultwit yang membuat Anda sedikit lebih pintar.

Thread membantu pengguna Twitter aktif untuk berkomunikasi dan berbagi pengetahuan dengan pengikut mereka. Tak jarang akun Twitter mendadak ramai dan terkenal karena trending thread yang dianggap menarik.

Sebagai pengguna Twitter yang mungkin tidak terlalu aktif, tidak masalah bila Anda membaca berbagai thread yang terjadi di Twitter, baik itu thread yang menarik maupun budaya pengetahuan yang mencerahkan pengetahuan Anda.