Ide dan Praktik Pengelolaan Materi Pada Blog

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Media sosial adalah sebuah media yang berisi tentang bermacam-macam konten dinamis secara rutinnya. Mengapa harus berisi konten dinamis secara rutin? Karena, tanpa adanya konten yang disebarkan dengan rutin, maka akun media sosial tidak akan ramai dan diibaratkan hanya akan menjadi kuburan yang sepi tanpa kehidupan. Dengan adanya konten pada media sosial, maka interaksi yang berada di dalamnya pun akan bergulir dengan cepat. Tetapi dalam hal berinteraksi, sebaiknya Anda memerlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai konten, misalnya tata cara mengemas, menayangkan dan mempromosikan yang bertujuan untuk menyebarkan dengan cepat pada kerumunan media sosial. Salah satunya pada media sosial Blog. Nah, sekarang kita akan membahas mengenai blog ini beserta cara menyajikan konten blog dalam bentuk teks yang bertujuan untuk menarik perhatian banyak pembaca.

Pengertian Blog

Blog biasanya disebut dengan halaman web pribadi. Bisa juga disebut dengan suatu situs web yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang. Blog berasal dari singkatan Web Log yang merupakan suatu situs web berupa informasi yang telah dipublikasi di WWW(World Wide Web). Blog berbentuk dokumen hypertext yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui internet.

Manfaat Blog

Anda harus memahami bahwa membuat konten menggunakan blog pastinya mempunyai beberapa manfaat. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari membuat konten dengan menggunakan blog, antara lain:

  1. Meningkatkan keterampilan menulis
  2. Semakin banyak keinginan membaca
  3. Bisa menambah penghasilan
  4. Bisa menambah pengetahuan terbaru
  5. Mempunyai sarana Self Branding
  6. Blog bisa menjadi sebuah investasi di masa depan

Cara Menyajikan Konten Artikel Pada Blog

Setelah Anda mengetahui pengertian dan manfaat yang bisa diperoleh dari pembuatan konten pada blog, selanjutnya kita akan membahas mengenai beberapa cara dalam menyajikan konten dalam bentuk tulisan(teks) pada blog

Isi Artikel Harus Menarik

Dalam tutorial pembuatan artikel yang tergolong menari memang sangat banyak. Namun, harus Anda ketahui bahwa terdapat 4 komponen supaya artikel yang Anda buat bisa menjadi daya tarik tersendiri kepada para pembaca. 4 komponen tersebut yaitu:

  1. Pemilihan judul
  2. Kalimat pembuka(teaser)
  3. Isi
  4. Penutup.

Pada konteks artikel secara online, daya tarik yang diperlukan itu harus lebih dari sekedar memikat. Tetapi harus membuai para pembaca supaya mereka membaca konten yang telah kita sajikan kepada mereka. Jangan lupa untuk memilih judul yang terkesan menarik.

Pembuatan Konten yang Anti-Mainstream

Pengertian dari anti-mainstream mungkin kurang mengenakkan pada pendengaran Anda. Hal ini biasanya akan selalu diikuti dengan bermacam-macam kontroversi dan juga perdebatan panjang. Namun pada kenyataannya tidak seperti itu juga. Tidak selamanya bahwa menjadi anti-mainstream harus diimplementasikan dalam bentuk tindakan yang cukup frontal dan kontroversial. Lalu mengapa anti-mainstream pada konten itu bersifat baik?

Pembuatan konten yang bersifat anti-mainstream itu mestinya cukup berbeda dari pandangan umum seseorang dan tentunya juga mempunyai risiko tersendiri. Tetapi dengan anti-mainstream, pastinya konten Anda menjadi berbeda yang terlihat menonjol dan pastinya akan menarik perhatian para pembaca. Tak hanya itu, konten yang anti-mainstream akan mudah mencapai kelebihan dari suatu penilaian.

Menggunakan Data Primer

Pentingnya data dan fakta sangat mempengaruhi soal paparan yang bersifat deskriptif. Dengan menggunakan data primer secara rinci, bisa membuat para pembaca mudah dalam memahami suatu informasi yang sedang disajikan.

Memanfaatkan Kolom Komentar Sebagai Media Diskusi dengan Para Pembaca

Sudah seharusnya Anda menanggapi atau merespons pendapat yang telah disampaikan oleh pembaca kepada Anda melalui artikel. Jangan merasa sungkan dalam menjawab pertanyaan yang telah diajukan oleh pembaca. Bahkan untuk pertanyaan yang bersifat OOT(Out Of Topic) dari para pembaca Anda. Apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk menjawab berbagai macam pertanyaan dari para pembaca, setidaknya Anda harus menanggapi dan merespons dengan cara mengarahkan pertanyaan tersebut kepada pihak yang terkait.

Upayakan Untuk Mengupdate Konten Secara Rutin

Anda harus menulis konten yang bersifat aktual dengan sebanyak-banyaknya secara rutin. Pembuatan konten secara rutin ini tidak harus menunggu informasi terbaru dari pihak yang terkait. Pengelola konten juga bisa membahas kembali mengenai konten yang telah dibuat dengan menggunakan bahasa yang lebih aktual dari bahasa yang sebelumnya. Tak hanya itu saja, mengumpulkan beberapa artikel pilihan dalam tema tertentu juga penting sekali dilakukan.

Itulah beberapa cara dalam menyajikan konten pada blog. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam membuat konten blog.