Perilaku Konsumen: Pengertian, Teori dan Contoh

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Perilaku konsumen merupakan kegiatan yang berkaitan erat dengan proses pembelian barang dan jasa. Ini bisa sedikit membingungkan tentang perilaku apa yang dimaksud atau dikategorikan dalam perilaku konsumen. Melalui ulasan artikel di bawah ini memberikan informasi lebih lanjut tentang. Pada dasarnya, cakupan Consumer behavior ini sangat luas sehingga Anda mungkin terlibat dalam perilaku konsumen dan Anda tidak menyadarinya. Hal seperti ini sering terjadi pada saat proses pembelian.

Perilaku konsumen adalah apa yang consumer gunakan untuk membuat keputusan pembelian. Tentunya sebagai konsumen, ketika memutuskan untuk membeli suatu barang atau produk, hal pertama yang selalu Anda pikirkan adalah barang yang akan Anda beli. Berdasarkan harga produk, kualitas, fungsi, penggunaan, dll.

Tindakan berpikir, mempertimbangkan, dan mengajukan pertanyaan tentang suatu produk sebelum melakukan pembelian merupakan bagian dari Consumer behavior. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perilaku konsumen berkaitan erat dengan jual beli barang dan jasa. Tentunya sebagai consumer kita tidak ingin salah membeli produk atau jasa, sehingga perilaku konsumen diperlakukan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Apa itu perilaku konsumen?

Perilaku konsumen merupakan proses yang erat kaitannya dengan proses pembelian. Pada titik ini, konsumen melakukan aktivitas seperti mencari, meneliti, dan mengevaluasi produk. pada intinya Consumer behavior adalah apa yang consumer gunakan untuk membuat keputusan pembelian.

Selain kualitas produk, consumer behavior juga mencakup harga suatu produk atau jasa. Jika suatu produk tidak terlalu mahal, consumer menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memikirkan dan bertindak berdasarkan Consumer behavior. Namun, ketika suatu produk atau jasa diberi harga atau dikatakan mahal, konsumen akan berusaha lebih keras untuk produk tersebut. Pembeli meluangkan waktu untuk melihat, mendengar, mengevaluasi, dan mempertimbangkan perilaku konsumen.Berikut adalah beberapa definisi perilaku konsumen menurut para ahli

Definisi menurut para ahli :

  • Menurut Engel, Blackwell dan Miniard

Consumer behavior merupakan mencakup perilaku produk dan layanan, termasuk proses pengambilan keputusan yang memulai dan mengikuti perilaku pembelian. Perilaku ini terkait langsung dengan proses menerima, mengkonsumsi, dan kemudian membuang atau tidak menggunakan produk dan jasa.

  • Menurut The American Marketing Association

Consumer behavior adalah proses berbagi interaksi dinamis dan pengaruh, kesadaran, perilaku dan lingkungan di mana orang berbagi aspek kehidupan mereka.

  • Menurut Mowen

Adalah aktivitas dimana seseorang menerima, mengkonsumsi, atau membuang barang atau jasa selama proses pembelian.

  • Menurut Schiffman dan Kanuk

Adalah proses dimana pembeli mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menanggapi konsumsi produk, jasa dan ide yang mereka harapkan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

  • Menurut Kotles dan Keller (2009:166)

Mendefinisikan sebagai studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan memanfaatkan barang, jasa, ide, atau pengalaman untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

  • Menurut Tjiptono (2008:19)

Consumer behavior adalah perilaku orang-orang yang terlibat langsung dalam memperoleh, menggunakan, dan memutuskan produk dan jasa, termasuk proses pengambilan keputusan sebelum dan sesudah perilaku tersebut.

  • Menurut mangkunegara (2009:4)

Pengertian Consumer behavior adalah perilaku yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau organisasi yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan dan pembelian barang dan jasa yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan.

Teori perilaku konsumen

Sejauh mana penelitian ini membahas perilaku konsumen?  Teori perilaku tentang konsumen menggambarkan semua proses yang dilakukan individu ketika dihadapkan dengan penawaran produk, mulai dari aktivitas mengamati hingga mengevaluasi produk.

Selain itu, proses pengambilan keputusan di mana pelanggan menghabiskan uang, waktu, dan energi mereka juga menjadi bagian dari penelitian ini.

Contoh perilaku konsumen

Contoh adalah ketika seseorang ingin membeli sayuran. Ada beberapa hal yang bisa Anda prioritaskan dalam transaksi Anda. Teori ini juga memperkenalkan berbagai jenis konsumen.

Jika mereka peduli dengan kualitas atau mutu produk, konsumen ini cenderung tidak mempersoalkan harga nominal untuk mendapatkan sayuran segar yang berkualitas.

Di sisi lain, jika konsumen lain sangat peduli dengan harga suatu barang, mereka cenderung memilih produk serupa dengan harga lebih rendah. Kualitas sayuran segar tidak menjadi masalah selama bahannya masih layak untuk diolah.

Dengan demikian itu lah beberapa penjelasan tentang consumer behavior, dimulai dengan definisi, pengertian menurut ahli, teori dan contoh. Intinya, perilaku konsumen adalah studi tentang individu atau pelanggan dan cara mereka memilih dan menggunakan produk perusahaan.

Pemasar harus memahami teori ini. Karena consumer behavior memiliki banyak keuntungan bagi perkembangan bisnis suatu perusahaan. Jadi sebelum terjun ke dunia bisnis, kita perlu memahami dulu definisinya dan tahu cara menggunakannya dengan benar. Ada banyak hal yang harus dipelajari selain satu istilah ini jika Anda ingin terjun ke dunia bisnis.