Strategi Social Media Endorser, Pengertian, Kelebihan Kekurangan

Table of Contents

ads marketing strategy

di era modern saat ini banyak orang yang telah menggunakan aplikasi-aplikasi seperti, tiktok, youtube, instagram dan yang lain, aplikasi ini digunakan oleh orang-orang untuk menghasilkan uang, semakin banyak followernya semakin banyak pula penghasilannya, dengan hal ini anda bisa meningkatkan penjualan anda dengan orang-orang yang telah memiliki banyak pengikut untuk mempromosikan produk anda, atau yang disebut dengan endorse, artikel ini akan membahas pengertiannya, cara kerjanya kemudian kelebihan dan kekurangan.

Baca juga: Pemasaran Konvensional dan Pemasaran digital Perbedaan dan Kelebihan Kekurangan

Apa itu Social Media Endorser?

Social Media Endorser adalah sebuah strategi untuk meningkatkan pemasaran produk kita dengan cara kita endorse atau meminta si tiktokers untuk mereview dan mempromosikan produk kita supaya nama dari produk kita terkenal luas, karena pengikutnya yang banyak tentunya akan menarik perhatian si follower untuk produk kita, ini bisa menjadikan peluang untuk anda meningkatkan pemasaran produk.

Endorse ini memiliki tujuan yang paling utama yaitu untuk meningkatkan nama/merek anda supaya orang-orang lebih mengenal dan ingat dengan nama produk anda, misalnya saat ada orang yang mencari produk yang sejenis dengan produk anda, si pencari produk ini akan langsung mengingat nama/merek produk anda terlebih dahulu.

menulis, tangan dan wanita dengan laptop untuk kontrak, laporan dan draf perjanjian hukum di meja di kantor. pengacara, profesional dan dokumen dengan proposal kebijakan dan dokumen untuk ditandatangani di firma hukum - people using laptop potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara kerja

Sebelum anda mencoba strategi ini anda juga harus mengetahui cara kerja dari strategi pemasaran endorse, berikut adalah cara kerjanya:

  1. Pemilihan Endorser: Anda harus memilih seorang yang memiliki pengikut banyak hal ini adalah awal dari meningkatnya produk anda dalam pemasaran.          
  2. Negosiasi Kontrak: Setelah anda memilih seseorang untuk mengendorse produk anda, selanjutnya anda harus melakukan kontak dengan si pengendorse untuk membicarakan kerja sama
  3. Pembuatan Konten: setelah anda melakukan kontak dengan si pengendorse selanjutnya si pengendorse akan membuat postingan tentang produk anda dan akan di share pada media sosialnya, postingan ini bisa berupa artikel, atau video review bisa juga dalam bentuk konten lainya.
  4. Publikasi Konten: setelah membuat postingan, si pengendorse akan mempostingnya pada media sosial yang dimilikinya.
  5. Interaksi dengan Pengikut: Untuk membuat pengikutnya percaya dan tertarik si pengendorse akan melakukan interaksi dengan si pengikut bisa di kolom komentar atau langsung menghubunginya untuk bertanya tentang produk anda yang sudah di endorse. 
  6. Pengukuran Dampak: Selanjutnya untuk melihat dampaknya, tim marketing harus memantau naik turunya jumlah pengikut, penjualan, dan keefektifan dari endorsenya
  7. Evaluasi dan Pelaporan: Setelah endorse selesai, akan dilakukan evaluasi menyeluruh untuk dapat melihat seberapa nilai keberhasilan endorsenya. 

Kelebihan

Kemudian ada kelebihan supaya anda mengerti apa saja kelebihan dari menggunakan strategi ini, berikut beberapa kelebihannya:

Yang pertama ada membuka peluang pasar baru, hal ini dapat menjadikan anda mengetahui target pasar yang baru untuk produk anda, yang kedua ada mendapat kepercayaan, ketika si pengendorse membuat postingan dan dia dapat menyampaikan kelebihan maupun kekurangan produk anda dengan faktor ini anda bisa mendapat kepercayaan pelanggan,yang terakhir ada membangun awareness, dengan anda melakukan strategi ini dapat menjadikan nama produk atau merek anda terkenal luas karena di pengendorse memiliki pengikut banyak.

Kekurangan

Anda juga harus mengetahui kekurangannya untuk menghindari kesalahan yang dapat terjadi, berikut beberapa kesalahannya:

yang pertama ada biaya yang relatif mahal, karena si pengendorse memiliki pengikut banyak jadi bisa juga mungkin untuk hasil yang maksimal dan produk anda terkenal luas, yang kedua ada popularitas pengendorse mudah berubah, saat si pengendorse ada masalah itu akan menjadikan si pengendorse popularitasnya menurun itu juga akan berdampak pada produk anda, yang terakhir ada membayangi produk, tentunya pengendorse juga tidak hanya 1 produk yang diendorse, itu bisa menjadikan kritik kepada pengendorse karena ada juga yang mengira si pengendorse ini membandingkan produk anda dengan yang lain.

Kesimpulan

Strategi Media Social Endorser adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online dengan cara kerjanya yang sesuai kemudian ada kelebihannya yang dapat membuat merek produk anda tersebar luas, dan ada kekurangannya yang memiliki biaya tinggi. Jadi Strategi ini dapat anda coba untuk meningkatkan penjualan anda di dunia digital.

Ingin meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis di dunia digital? DIGIMA siap membantu! Kami menyediakan layanan pembuatan konten Instagram yang menarik, pengembangan website profesional, serta produksi video pendek yang engaging untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. Optimalkan strategi pemasaran digitalmu bersama DIGIMA! Hubungi Admin DIGIMA atau kirim DM ke Instagram DIGIMA sekarang dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda. 

Sumber Referensi

https://bigevo.com/blog/detail/endorse

https://www.liputan6.com/feeds/read/5868911/apa-itu-endorse-pengertian-manfaat-dan-cara-kerjanya

https://www.isellercommerce.com/blog/kelebihan-dan-kekurangan-sistem-endorsement-dalam-strategi-pemasaran