Dalam dunia bisnis ada 2 pemasaran yang disebut dengan pemasaran digital dan pemasaran konvensional 2 jenis ini memiliki perbedaannya masing-masing, bagi anda yang ingin memulai bisnis bisa mencoba setelah anda membaca artikel ini, artikel ini akan membahas pengertian, perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Baca juga: Pemasaran Produk dengan Chatbot: Mengoptimalkan Peluang di Era Digital
Pemasaran Konvensional
Apa itu pemasaran konvensional, pemasaran konvensional merupakan teknik untuk bisnis dengan cara promosi produk dengan iklan melalui alat seperti, radio, koran, media cetak, media cetak, atau simpelnya pemasaran konvensional itu tidak menggunakan bantuan dari internet dan alat digital lainnya.
Kelebihan
sebelum melakukan bisnis dengan strategi pemasaran konvensional anda perlu mengetahui kelebihannya, berikut ini adalah beberapa kelebihannya:
yang pertama ada jangkauan lokal yang kuat dengan jangkauan lokal yang pebisnis dapat menarik perhatian pelanggan di tempat-tempat tertentu, contohnya menggunakan media cetak, selembar media cetak ini akan dibagikan ke masyarakat dengan kebiasaan tertentu maka akan memudahkan pebisnis untuk diterima masyarakat, yang kedua adalah membangun kepercayaan konsumen, dengan kita melakukan promosi tradisional tentunya akan lebih sering melakukan promosi dengan cara tatap muka sehingga konsumen dapat melihat langsung produk yang kita promosikan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, yang terakhir ada tidak bergantung pada teknologi, karena tidak bergantung pada teknologi sehingga ketika ada seorang pelanggan yang tidak aktif dalam menggunakan ponsel kita bisa mendapat target dari faktor ini.
kekurangan
setelah mengetahui kelebihan dari pemasaran konvensional anda juga harus mengetahui kekurangannya untuk menghindari kesalahan yang terjadi, berikut beberapa kekurangannya:
Kekurangan yang pertama yaitu, biaya yang relatif tinggi, karena untuk membuat iklan dengan media cetak atau radio ini juga memerlukan biaya tambahan, hal inilah yang menjadikan biayanya lebih tinggi, yang kedua ada sulit mengukur efektivitas, karena tidak bergantung pada teknologi pemasaran ini sulit untuk mendapat hasil pastinya, yang terakhir ada kurang fleksibel untuk perubahan cepat, pemasaran ini tidak menjamin untuk perubahan yang cepat setelah anda mengganti strategi, misalnya jika anda mendapati sebuah kesalahan dan anda merubah strategi untuk pengiklanan ini tidak bisa menjamin selesai dengan cepat dan akan membutuhkan biaya tambahan.
Pemasaran Digital
pemasaran digital adalah sebaliknya dari pemasaran konvensional, untuk pemasaran digital ini bergantung pada teknologi saat ini seperti ponsel dengan menggunakan platform-platform media sosial sebagai alat untuk pemasaran dan untuk pengiklanan juga banyak cara dengan bergantung pada teknologi jadi mudahnya pemasaran digital itu harus bergantung pada teknologi saat ini untuk memudahkan dan meningkatkan pemasaran di dunia digital.
Kelebihan
sebelum mencoba pemasaran digital bukankah anda harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah beberapa kelebihannya:
Yang pertama ada hemat biaya, dengan kemajuan zaman saat ini ada banyak platform yang menyediakan layanan untuk iklan dan itu tidak perlu memerlukan banyak biasa bisa dimulai dari puluhan ribu saja, yang kedua adalah jangkauan luas, karena bergantung dengan teknologi sekarang banyak yang menggunakan platform-platform media sosial dan hal ini yang menjadikan jangkaun pemasaran digital luas tidak hanya menjangkau di negara Indonesia saja bahkan bisa juga menjangkau luar negeri, yang terakhir ada proses pelaksanaan penting dengan strategi yang tepat dan ide menarik anda dapat menarik perhatian pelanggan dengan media sosial dengan sekejap ini bisa menjadi keuntungan untuk bisnis anda.
Kekurangan
Selanjutnya anda harus mengetahui kekurangannya juga, berikut beberapa kekurangan untuk pemasaran digital:
yang pertama ada dibutuhkan waktu yang panjang, benar anda bisa menarik perhatian pelanggan dengan sekejap tetapi untuk hasilnya inilah yang memerlukan waktu lama, yang kedua adalah cenderung memunculkan reaksi negatif, karena pemasaran digital bergantung pada teknologi media sosial untuk promosi harus benar-benar sesuai dengan produk anda agar tidak menimbulkan reaksi negatif, yang terakhir ada dapat ditiru dengan mudah, sekarang ini untuk dunia digital sudah maju, seperti ai yang bisa membuat apapun, dengan ini produk anda takutnya bisa ditiru oleh orang lain tanpa sepengetahuan anda.
Kesimpulan
Pemasaran Konvensional dan Pemasaran Digital memiliki perbedaanya masing-masing seperti, yang pemasaran digital harus bergantung pada teknologi dan, untuk pemasaran konvensional tidak atau menggunakan cara tradisional. Jadi untuk anda yang ingin memulai bisnis, anda dapat memilih salah satu cara strategi ini atau bisa dua-duanya.
Ingin meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis di dunia digital? DIGIMA siap membantu! Kami menyediakan layanan pembuatan konten Instagram yang menarik, pengembangan website profesional, serta produksi video pendek yang engaging untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. Optimalkan strategi pemasaran digitalmu bersama DIGIMA! Hubungi Admin DIGIMA atau kirim DM ke Instagram DIGIMA sekarang dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.
Referensi
https://dibimbing.id/blog/detail/kelebihan-pemasaran-konvensional-definisi-dan-contoh
https://blog.myskill.id/tips-karir/4-perbedaan-pemasaran-digital-vs-konvensional/
https://greatnusa.com/article/kelebihan-dan-kekurangan-digital-marketing