Sejak adanya aplikasi tiktok, sudah ada banyak orang yang menginstall aplikasinya hingga mencapai 1 miliar pengguna bahkan lebih yang aktif dalam sebulan. TikTok sendiri telah berkembang menjadi salah satu platform media sosial online yang paling populer di dunia. Platform ini juga menawarkan sebuah peluang besar bagi bisnis untuk menjangkau pengguna tiktok yang luas salah satu cara meningkatkan pengoptimalan sebuah bisnis online melalui tiktok adalah dengan TikTok Ads.
Baca juga: Pemasaran Produk Hijab di TikTok Ads
Apa Itu TikTok Ads?
TikTok ads merupakan sebuah platform yang menyediakan layanan iklan berbayar untuk memungkinkan produk atau layanan mereka ditampilkan kepada pengguna TikTok melalui cara dari berbagai format iklan. Tentunya dengan algoritma yang pintar dan dengan sistem target yang sangat akurat, TikTok Ads memungkinkan iklan untuk menjangkau pengguna TikTok yang tepat berdasarkan usia, lokasi, kesukaan setiap orang, dan kebiasaan mereka di TikTok.
TikTok ads sendiri memiliki keunggulan lain dibandingkan dengan platform online lainya yaitu TikTok memiliki kemampuan sendiri dalam menciptakan konten iklan yang menarik dan real time.
Jenis-jenis TikTok Ads
Setelah mengetahui apa itu TikTok Ads sekarang saya akan memberikan jenis- jenisnya, berikut beberapa jenis-jenisnya, antara lain:
- In-Feed Ads: Iklan ini biasanya muncul saat kita sedang menonton vidio di tiktok, instagram youtube dan lainya, biasanya saat baru membuka aplikasi dan setelah kita scroll beberapa video/ setelah kita menonton beberapa video iklannya akan muncul.
- Brand Takeover Ads: Iklan ini langsung muncul ketika kita membuka aplikasi TikTok, memberikan fyp/konten yang sering kita lihat dan sering keluar di beranda tiktok.
- Top View Ads: Hampir sama dengan Brand Takeover, bedanya hanya di durasi video yang lebih panjang, biasanya berdurasi 60 detik dan muncul pada bagian atas feed/tampilan beranda yang seiring waktu diperbarui.
- Branded Hashtag Challenge: Mengajak pengguna untuk ikut partisipasi dalam tantangan yang dibuat oleh brand, sehingga meningkatkan interaksi dan keterlibatan pengguna terhadap suatu konten, merek, atau platform digital.
- Branded Effects: Untuk meningkatkan keterlibatan dengan pengguna, TikTok memungkinkan brand menciptakan filter khusus yang dapat digunakan hingga 10 hari.
Ada satu jenis yang dapat dimanfaatkan dari jenis-jenis diatas yaitu Branded Effect atau efek khusus biasanya sekarang yang disebut filter, maksudnya ialah sebuah bisnis memiliki produk contohnya lipstik dan itu bisa dijadikan filter dan semua pengguna bisa menggunakannya atau mencobanya di fitur kamera jadi sebelum mereka membeli produknya bisa mencoba tidak secara langsung terlebih dahulu jika memungkinkan pengguna yang mencoba efek/filter itu tertarik bisa jadi mereka akan membeli produknya.
Iklan TikTok banyak jenis-jenisnya, jadi memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga ketika seseorang ingin memulai bisnis memilih jenis iklan yang ingin digunakan untuk mengoptimalkan iklan pada produknya.
Keunggulan TikTok Ads Dibandingkan Platform Lain
TikTok Ads memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya berbeda dari platform iklan lainnya, seperti Facebook atau Instagram, berikut beberapa keunggulan dari platform iklan tiktok:
- ketertarikan orang tinggi: Durasi video yang pendek membuat pengguna tidak mudah bosan dan lebih aktif untuk melihat konten.
- Algoritma tepat: TikTok memiliki sistem rekomendasi yang dapat menampilkan iklan ke pengguna yang paling sesuai dengan iklannya.
- Biaya yang termasuk murah: Iklan TikTok bisa disesuaikan dengan berbagai biaya, sehingga menjadikan cocok untuk bisnis kecil maupun besar.
Kesimpulan
Jadi untuk seseorang yang ingin memulai marketing digital melalui tiktok, dengan tiktok ads bisa menjadi cara untuk meningkatkan produknya supaya lebih tersebar luas dan dikenal dengan banyak orang sehingga untuk pembelinya semakin banyak.
Ingin meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis di dunia digital? DIGIMA siap membantu! Kami menyediakan layanan pembuatan konten Instagram yang menarik, pengembangan website profesional, serta produksi video pendek yang engaging untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. Optimalkan strategi pemasaran digitalmu bersama DIGIMA! Hubungi Admin DIGIMA atau kirim DM ke Instagram DIGIMA sekarang dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.
Sumber Referensi
https://jubelio.com/tiktok-ads-pengertian-jenis-dan-cara-memasang-iklan/
https://mai.co.id/pengertian-tiktok-ads-dan-cara-kerjanya/