Pentingnya Content Writing Dalam Bisnis

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Penulisan konten adalah bagian penting dari strategi digital marketing. Karena tanpa konten Anda tidak bisa menyajikan atau menyampaikan pesan bisnis apapun kepada audience. Mari kita pelajari bersama seputar content writing di bawah ini.

Apa itu content writing?

Content writing adalah sebuah proses perencanaan, penulisan, serta pengeditan konten website yang biasanya bertujuan untuk digital marketing. Penulisan konten sendiri dapat mencakup artikel blog, skrip video (podcast), e-book, siaran pers, deskripsi kategori produk, landing page, penulisan copy untuk media sosial dan berbagai konten lainnya.

Mungkin Anda pun bertanya, apa sih perbedaan antara content writing dan copywriting? Copywriting adalah salah satu elemen paling penting dari setiap bentuk pemasaran dan periklanan. Copywriting sendiri terdiri dari kumpulan kata, baik tertulis maupun lisan, yang digunakan bisnis atau brand untuk mendorong orang mengambil tindakan setelah membaca atau mendengarnya.

Manfaat content writing bagi bisnis

Penulis konten dapat membantu suatu bisnis dalam membangun hubungan dengan audience dan menjaga loyalitas konsumen. Namun tidak hanya itu, ada tiga manfaat penulis konten bagi bisnis. 

  • Membantu membangun brand awareness

Saat Anda menulis konten yang bermanfaat dan menarik lalu mempostingnya ke berbagai channel, tentu akan menjangkau konsumen potensial maupun konsumen tetap dan menciptakan kesan kehadiran brand Anda di pasar. Konsistensi sangat diperlukan dalam menulis dan menerbitkan konten. Karena dapat membantu bisnis membangun brand awareness dengan relatif cepat.

  • Membantu meningkatkan SEO

Search Engine Optimization terasa percuma jika tanpa konten. Konten yang ditulis dengan baik serta konsistensi keyword yang tepat, dan paling banyak dicari adalah bagian penting dari Search Engine Optimization serta meningkatkan peringkat brand di Google.

  • Membantu membangun bisnis

Menulis konten merupakan cara untuk mempresentasikan ide bisnis dalam berbagai bentuk dan di berbagai platform. Memposting konten secara regular juga membuat orang tahu tentang bisnis Anda. Dengan memberitahu mereka tentang apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda dapat membantu mereka.

 

Jenis-jenis content writing

  • Penulisan konten SEO

Fokus pada search engine optimization atau SEO. Penulisan jenis ini telah sesuai dengan keyword yang sudah diatur dalam SEO serta konten yang dibuat pun ramah terhadap elemen-elemen SEO lainnya. Hal ini dapat Anda lakukan agar artikel dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian sehingga website berpotensi untuk lebih banyak audiens.

  • Penulisan Jurnalistik

Penulisan Jurnalistik tidak hanya tentang menulis naskah berita yang berat maupun serius saja. Ada juga tulisan jurnalistik yang memiliki bentuk artikel hiburan atau feature dengan tujuan untuk menghibur para pembaca.

  • Penulisan Konten Umum atau Generalist Writing

Dimana penulisan konten ini tidak memiliki tema yang spesifik, namun jumlahnya saja yang perlu diperhatikan. Biasanya konten seperti ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan sebuah brand.

  • Technical Writing

Penulisan yang menginterpretasikan informasi yang sangat kompleks ke dalam tulisan yang lebih mudah dimengerti oleh orang awam. Contoh dari penulisan jenis ini adalah penulisan untuk manual guide dari sebuah produk. 

  • Media Sosial

Penulisan konten-konten media sosial harus dibuat semenarik mungkin, up-to-date, dan interaktif untuk meningkatkan keterlibatan atau engagement di media sosial milik brand Anda. 

 

Itu dia pembahasan mengenai pentingnya content writing dalam berbisnis. Jika disimpulkan, content writing adalah penulisan konten dalam berbagai bentuk dan format yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis Anda secara digital.