KENAPA DIGITAL MARKETING ITU PENTING?

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Digital marketing merupakan tren yang sedang marak dalam dunia bisnis saat ini, terutama mengingat bagaimana segalanya telah bergeser ke dunia maya atau digital dalam beberapa tahun terakhir. Digital marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan Internet sebagai media utama dalam menjangkau konsumen. Dengan digital marketing, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, bahkan Whatsapp.

 

Namun, digital marketing tidak hanya berarti memainkan media sosial. Digital marketing yang penting ini membutuhkan kemampuan dan keuletan yang handal dalam menganalisis aktivitas atau tren dunia maya dan mengelola konten yang sesuai dan menarik. Berikut beberapa alasan mengapa digital marketing telah menjadi sangat penting bagi bisnis.

 

Mengenal Konsumen maupun Calon Konsumen 

Pada data dari Smart Insight pda bulan Juni 2022, pengguna dari sosial media mencapai 4,62 triliun.  Khususnya di Indonesia sendiri, terdapat sekitar 191 juta pengguna media sosial. Seluruh pengguna ini biasanya menghabiskan waktu 2 hingga 3 jam di media sosial. Aktivitas yang tinggi ini membuka peluang yang besar pula bagi usaha untuk meningkatkan brand awareness di antara konsumen maupun calon konsumen. 

 

Tak hanya dapat menarik calon konsumen, digital marketing juga dapat membantu kita mengenal kebutuhan konsumer secara personal lebih lanjut. Selain melihat dari respon dan aktivitas mereka terhadap brand, Anda juga bisa menganalisisnya menggunakan Google Analytics. Google Analytics berguna untuk menunjukkan jumlah kunjungan pelanggan atau calon konsumen ke situs web.

 

Interaksi Langsung

Melalui digital marketing, Anda akan dapat membangun hubungan dan interaksi dua arah dengan konsumen. Hal ini tentunya sangat diperlukan dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Fleksibilitas akses yang diterapkan pada digital marketing juga sering diharapkan agar dapat membuat Anda lebih responsif terhadap keluhan atau pertanyaan konsumen.

 

Fleksibel 

Ada berbagai strategi pemasaran yang bisa digunakan dalam digital marketing yang bisa Anda manfaatkan secara fleksibel dan menyesuaikan dengan target audience dan produk. Mengasah dan memanfaatkan kreativitas, ada kesempatan tak terbatas bagi Anda untuk mengembangkan strategi pemasaran di platform digital perusahaan. Tidak hanya konten media sosial, tetapi Anda juga bisa mengembangkan email marketing maupun banner ads untuk menjangkau konsumen dan calon konsumen secara personal maupun general. Selain itu, Anda bisa mengubah strategi sewaktu-waktu apabila ternyata tidak menghasilkan hasil yang diharapkan.

 

Menghemat Anggaran

Tidak seperti strategi pemasaran tradisional, perusahaan tidak perlu lagi mencetak flyer atau menyewa baliho, atau bahkan tempat berjualan. Meski Anda sekarang mungkin harus fokus pada pembuatan konten, tetapi tentunya anggaran akan jauh berkurang. Dengan potensi atau peluang yang tinggi dalam digital marketing, Anda juga boleh memaksimalkan anggaran di pemasaran digital tersebut.

Tak hanya menghemat anggaran, digital marketing juga diklaim dapat meningkatkan ROI atau pendapatan perusahaan hingga berkali-kali lipat, terutama mengingat biaya marketing yang lebih hemat daripada biaya traditional marketing seperti mencetak flyer, memasang baliho, menyewa slot iklan di saluran tv, dan sebagainya.

 

Nah, itu tadi sekilas tentang mengapa digital marketing penting untuk bisnis. Di awal-awal, digital marketing mungkin terdengar sulit dan kompleks, tetapi akan segera terasa mudah jika Anda sudah menguasai metode atau strateginya. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsultasikan strategi digital marketing Anda dengan Digima, penyedia layanan digital marketing optimal dan hemat untuk usaha Anda! Kami menyediakan paket pemasaran untuk mengembangkan usaha Anda, mulai dari laman atau website, SEO, hingga konten Instagram. Semoga bermanfaat, ya!