Tools Pendukung Dalam Content Writing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Menulis konten adalah pekerjaan yang menantang bukan? Meski kelihatannya menulis merupakan perkara yang gampang, namun jika Anda diharuskan untuk menulis setiap waktu secara konsisten, tentu tingkat kesulitannya sama saja seperti pekerjaan lainnya. Untuk menjadi seorang content writer yang baik, Anda membutuhkan konsistensi dan latihan terus-menerus untuk mempertajam kemampuan menulis. Di samping latihan menulis yang konsisten, Anda juga harus menguasai beberapa tools atau perangkat aplikasi yang dibutuhkan dalam menunjang pembuatan content writing yang lebih baik lagi. Berikut beberapa tools yang bisa mempermudah Anda dalam mengerjakannya.

  • HubSpot Blog Topic Generator

Jika Anda masih belum tahu ingin menulis apa dan kesulitan untuk menemukan ide-ide baru, atau mungkin Anda memang sudah kehabisan stok ide untuk menulis, HubSpot Blog Topic Generator bisa membantu Anda dan menjadi jalan keluar dari beberapa masalah dalam pembuatan content writing. Hanya dengan memasukkan 3-5 kata terutama kata benda, perangkat ini akan menampilkan ide-ide baru yang bisa digunakan untuk bahan tulisan Anda.

  • Answerthepublic

Anda bisa menggunakan keyword tool yang satu ini dalam pembuatan content writing. Answerthepublic bisa diakses secara free dengan batas penggunaannya sekitar 3-5 kali dalam sehari. Perangkat ini pun unik, karena keyword yang ditampilkan di bagi ke dalam beberapa kategori, seperti questions, preposisi, perbandingan yang ditanyakan oleh user, dan juga daftar kuncinya menurut abjad. 

  • Ubersuggest

Merupakan salah satu keyword tool yang telah dikembangkan oleh digital marketer ternama yakni Neil Patel. Perangkat ini dikembangkan untuk memudahkan content writer mencari keyword untuk tulisannya. Perangkat ini memiliki banyak fitur, diantaranya dapat melihat kompetitor, melihat statistik domain, mendapatkan data backlink, mendapatkan suggested keyword, serta mendapatkan ide konten baru.

  • Google Trend

Jika bingung dengan konten yang Anda buat karena bukanlah jenis evergreen content, melainkan trending content, Anda tinggal membuka Google trend, dan pilih penelusuran yang sedang trending. Lalu jangan lupa untuk mengganti negaranya menjadi Indonesia, bila topik yang sedang Anda cari itu adalah berita lokal.

  • KBBI Daring

Selayaknya KBBI pada umumnya, Anda dapat mencari tahu kata baku serta maknanya. Anda dapat mengetikkan kata yang diinginkan melalui kolom pencarian yang sudah tersedia. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring (Dalam Jaringan) ini dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Untuk menggunakan perangkat ini Anda tidak perlu melakukan registrasi akun, karena Anda dapat mengaksesnya secara gratis.

  • Grammarly & Ejaan.id

Jika Anda membuat tulisan dengan Bahasa Inggris, Anda bisa menggunakan Grammarly untuk membantu memperbaiki penulisan kata atau grammar yang kurang tepat. Perangkat ini memiliki versi yang free namun memiliki keterbatasan dari segi fiturnya dibandingkan dengan yang premium. Dan untuk artikel berbahasa Indonesia dan menggunakan kata baku yang sesuai PUEBI, Anda bisa menggunakan ejaan.id untuk membantu.

  • Serp Snippet Optimization Tool

Ketika Anda sudah membuat artikel dan ingin pencarian artikel muncul di halaman Google dengan judulnya yang tidak terpotong, Anda perlu mengeceknya terlebih dahulu dengan menggunakan Serp Snippet Optimization Tool. Dan jika judul yang Anda buat terlalu panjang, jumlah kata yang ada di box sebelah kanan akan berwarna merah.

  • StackEdit

Merupakan perangkat yang sangat berguna untuk mengubah teks menjadi html tanpa mengubah format tulisan yang dihasilkan. Selain itu, juga memungkinkan Anda untuk mengunggah langsung di kanal-kanal tertentu seperti WordPress, Dropbox, Tumblr dan Blogger dalam format markdown atau format yang telah disesuaikan menggunakan mesin template garis bawah.

 

Itu tadi beberapa tools yang bisa mempermudah Anda dalam mengerjakan sebuah Artikel. Agar Anda bisa bekerja menjadi penulis di zaman digital seperti ini, selain terus mengasah kemampuan Anda dalam menulis, sebaiknya juga perlu mengerti basic SEO. Bahkan jika Anda mengerti sedikit basic Photoshop atau Paint, ini akan sangat menguntungkan juga untuk Anda. Karena seringkali ukuran gambar yang digunakan dalam artikel perlu untuk dirubah terlebih dahulu.