6 Skill Penting Bagi Pembisnis !

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Banyak orang yang ingin mencoba untuk berbisnis. Bisnis sendiri memiliki bermacam-macam bentuk, seperti bisnis sebuah produk atau layanan. Selain itu, seorang pembisnis harus mengetahui peluang yang ada. Tidak hanya orang dewasa saja, sekarang para anak muda pun terlihat tertarik dengan bisnis. Di samping itu, yang namanya membuka suatu bisnis harus memiliki modal yang banyak. Para pembisnis harus mengetahui dan memiliki keterampilan atau skill untuk mengembangkan bisnis mereka. Jadi, inilah lima keterampilan yang harus dimiliki oleh para pembisnis

 

Adanya Kreatifitas

Pembisnis dituntut berpikir kreatif untuk bisa berinovasi dari suatu layanan atau produk yang sudah ada. Seorang pembisnis juga harus mengetahui mengenai kerugian yang akan didapat dari sesuatu yang ia buat karena yang namanya bisnis tidak hanya memikirkan untung yang dapat, tetapi banyak aspek lainnya. Inovasi ini menimbulkan keunikan dan pembeda dari yang lain. 

 

Komunikasi Efektif

Seorang pembisnis harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan karyawan, manajer lain, konsumen, dan individu lain yang terlibat dalam operasi bisnis sehari-hari. Keterampilan komunikasi yang efektif ini mencakup lisan dan tulisan. Kalin juga harus mengkomunikasikan informasi dengan jelas dengan cara yang mudah dimengerti. Memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dapat memungkinkan kalian untuk:

 

  1. Efektif saat bernegosiasi untuk menengahi perselisihan
  2. Tulis email yang jelas dan ringkas
  3. Bicaralah dengan percaya diri dalam pengaturan satu lawan satu dan grup besar
  4. Jaga komunikasi tetap terbuka dengan karyawan
  5. Secara efektif menyampaikan tujuan proyek dan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikannya

 

Kemampuan Analisis

Kemampuan analisis  merupakan salah satu keterampilan bisnis paling penting untuk dimiliki. Di dunia bisnis, kalian harus bisa menganalisis situasi dengan cepat dan efektif, maka baik itu soal pekerjaan atau soal antar rekan kerja. Terkadang kalian perlu membuat keputusan di bawah tekanan atau melihat masalah dari perspektif yang berbeda dan di situlah keterampilan analisis yang cepat dan kuat berperan. 

Fokus

Bisnis yang sukses penuh dengan pasang surut. Ada puncak keberhasilan dan keputusasaan. Seorang pembisnis yang sukses harus dapat fokus sehingga mereka dapat tetap berada di jalur, meskipun keadaan menjadi sulit. Fokus  ini memang susah untuk dilakukan. Namun, hal ini penting untuk dimiliki seorang pembisnis yang sukses memiliki fokus yang diperlukan untuk tetap memperhatikan tujuan akhir dan dapat mendorong dirinya sendiri untuk mencapainya.

Manajemen Keuangan

Pemilik bisnis dan mereka yang berada di posisi manajemen seringkali diharuskan memiliki keterampilan manajemen keuangan untuk memahami dan mengelola kebutuhan keuangan perusahaan secara efektif. Keterampilan manajemen keuangan mencakup kemampuan untuk menganalisis pasar saat ini, memahami manfaat dan risiko investasi, menganggarkan secara tepat waktu dan efektif, serta mengidentifikasi segala sesuatu yang berdampak negatif terhadap laba perusahaan. Selain pemilik bisnis, posisi yang mungkin memerlukan keterampilan manajemen keuangan termasuk analis bisnis, akuntan, dan karyawan bank.

 

Strategi Bisnis

Sementara seorang pembisnis yang sukses, telah membangun perusahaan yang sukses serta keterampilan strategi bisnis sebenarnya adalah keterampilan terpenting dalam hal ini yang dibutuhkan seorang pembisnis. Seringkali, pengusaha mencapai kesuksesan dalam bisnis mereka melalui kekuatan kemauan mereka sendiri.

 

Seorang pembisnis benar-benar dapat mempelajari strategi bisnis dengan cepat. Namun, ketika menyusun dan mengembangkan bisnis, struktur, dan strategi pertumbuhan harus didasarkan pada naluri dan keterampilan bisnis yang baik. Seorang pengusaha sukses perlu memiliki strategi yang solid untuk membawa bisnis mereka dari baik menjadi hebat.

 

Nah, itulah pentingnya skill dalam membangun bisnis. Jika kamu ingin menggali informasi bisnis dan marketing bisa mengunjungi sosial media DIGIMA. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya!