Bauran Komunikasi Pemasaran, Yuk kenali lebih lanjut!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Bauran komunikasi pemasaran membantu Anda mengomunikasikan dan mempromosikan produk dan merek perusahaan Anda kepada publik.

Dalam bahasa Inggris, bauran komunikasi pemasaran disebut marketing communication mix. Pada dasarnya bauran ini merupakan gabungan dari penjualan pribadi (personal selling), periklanan, hubungan masyarakat (public relation), promosi, dan pemasaran langsung.

Pengertian  bauran komunikasi pemasaran

Bauran komunikasi pemasaran adalah kombinasi dari seperangkat alat komunikasi yang digunakan untuk mencapai target pasar yang telah ditentukan.

Sekarang, komunikasi pemasaran meliputi sumber (perusahaan), pengkodean (agen periklanan, tim pemasaran, penjualan, dll.), Transmisi (media surat kabar, surat kabar elektronik, media sosial, situs web, dll.), Penguraian kode (reaksi penerima, pelanggan potensial). ) dan yang terakhir adalah apa yang harus dilakukan ketika Anda menerima informasi tersebut.

Lima alat promosi  yang paling penting adalah iklan, humas, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan penjualan personal.

5 bentuk bauran komunikasi pemasaran.

1.Periklanan (Advertising)

Ini dapat didefinisikan sebagai  presentasi berbayar dan promosi ide, produk, atau layanan oleh sponsor tertentu (pengiklan). (Tjiptono dan Chandra, 2012:350). Periklanan di sini merupakan implementasi dari berbagai fitur komunikasi yang penting bagi suatu perusahaan atau organisasi. Menurut Shimp (2003:356), lima fungsi utama periklanan adalah: Announcement (Pemberian informasi) Fungsi ini menyadarkan konsumen  akan keberadaan merek yang akan diiklankan (dijual), mengkomunikasikan keistimewaan dan manfaat merek kepada konsumen, serta menumbuhkan citra merek yang positif. Persuasi adalah fungsi periklanan sebagai media untuk membuat pelanggan  mencoba produk atau jasa yang diiklankan, di mana periklanan selalu bertujuan untuk menjaga merek di benak massa. Iklan bernilai tambah berfungsi untuk menambah nilai produk Anda. Ada tiga cara dasar perusahaan menambahkan nilai pada penawaran produk mereka. Inovasi, peningkatan kualitas dan perubahan persepsi konsumen. Pendampingan dalam pengertian fungsional yang  terakhir ini adalah periklanan sebagai pendamping yang memberikan umpan balik atas keberadaan  produk dalam persaingan pasar.

2.Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Merujuk pada kegiatan pemasaran yang memberikan nilai  atau insentif kepada penjual, pedagang, atau konsumen dengan harapan dapat meningkatkan penjualan. Contoh promosi  adalah pemberian diskon dan undian  baik kepada pelanggan langsung maupun jaringan distribusi.

3.Hubungan Masyarakat (Public Relations)

Merupakan kegiatan membangun hubungan baik dengan berbagai kalangan, membangun citra perusahaan yang baik, dan menangani rumor, berita dan kejadian yang berkaitan dengan perusahaan untuk mendapatkan publisitas yang diinginkan.

4.Penjualan Personal (Personal Selling)

Hal ini dapat dijelaskan dalam bentuk presentasi tatap muka oleh perwakilan penjualan perusahaan untuk tujuan  menjual dan membangun hubungan  pelanggan. Bisa dalam bentuk presentasi penjualan, konferensi penjualan, program insentif, penawaran sampel produk, pameran dagang, dll. (Tjiptono dan Chandra, 2012: 350).

5.Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Ini dapat didefinisikan sebagai hubungan langsung yang ditentukan dengan cermat dengan konsumen individu, di mana Anda bisa mendapatkan tanggapan cepat dan membangun hubungan pelanggan yang kuat. Dalam hal ini, proses komunikasi dapat melalui surat langsung, telepon, televisi interaktif, email dan metode lain yang memungkinkan  interaksi langsung dengan konsumen.

Manfaat bauran komunikasi pemasaran

  • Sebagai alat untuk menerapkan strategi pemasaran
  • Menentukan kelompok sasaran yang tepat
  • Mengkomunikasikan nilai produk kepada pelanggan potensial.
  • Membangun hubungan dengan prospek baik secara aktif maupun pasif.
  • Menerima dan mengukur reaksi pelanggan potensial terhadap produk.
  • Undang calon pelanggan untuk bertindak.
  • Aktif menyebarkan informasi tentang perusahaan.
  • Mencapai laba atas investasi (ROI) yang sangat baik.

Pada dasarnya, bauran komunikasi pemasaran merupakan taktik dari strategi marketing mix. Bauran komunikasi pemasaran  berfokus pada alat  yang digunakan untuk memungkinkan pelaksanaan strategi marketing. Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha, Anda harus menggunakan bauran komunikasi pemasaran yang sesuai untuk perusahaan Anda. Semoga artikel ini membantu.