Mendesain Dan Menerapkan Strategi Promosi

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Mendesain strategi promosi alternatif dan memilih salah satu diantaranya yang dapat memenuhi tujuan promosi pada  umumnya didasarkan pada hubungan konsumen-produk yang telah diidentifikasi melalui proses penelitian pasar sebelumnya. Menerapkan strategi promosi antara lain menciptakan iklan dan menempatkannya di berbagai macam media, mendisain dan mendistribusikan kupon, mendayagunakan salesman, dan menggunakan acara-acara publisitas.

Kali ini kami akan membahas tentang mendesain dan menerapkan strategi promosi supaya penerapannya efektif.

Apa itu promosi?

Di sisi pemasaran, iklan pasti digunakan untuk menghasilkan pendapatan. Di bawah ini adalah penjelasan dari beberapa jenis periklanan dalam bisnis dan pemasaran. Jika Anda menjual produk atau layanan kepada pelanggan potensial, baik itu produk atau layanan, Anda harus memiliki produk yang menjanjikan, menarik, dan diperlukan.

Ketika penjual sedang dalam proses menerapkan strategi periklanan dan pemasaran mereka, mereka biasanya bingung tentang promosi mana yang harus dipilih. Oleh karena itu, jenis promosi dirinci di bawah ini. Sebelum menjelaskan apa itu periklanan, izinkan saya menjelaskan semuanya mulai dari pentingnya hingga manfaatnya.

Iklan dapat memenangkan hati dan pikiran calon konsumen dengan tujuan memasarkan produk Anda melalui komunikasi yang menarik dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda dibandingkan dengan produk pesaing lainnya. , iklan ini merupakan strategi komunikasi pasar.

Periklanan juga dapat dipahami sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan pengembangan sesuatu.  Iklan muncul di TV, pamflet, spanduk, media sosial, dan situs web tertentu, seperti merek, produk, atau perusahaan Anda sendiri. Tujuan dari promosi ini adalah untuk memperkenalkan produk kepada pembeli umum atau calon pembeli, anda juga dapat mengunjungi situs ini.

Apa yang dilakukan pemasar untuk melakukan?

Pemasar membuat strategi promosi perlu memperhatikan perilaku konsumen. Dalam ini yang harus dilakukan oleh pemasar adalah:

  1. Mendesain strategi promosi

Merancang strategi periklanan yang efektif harus memperhitungkan hubungan konsumen-produk yang ada di segmen  pasar yang berbeda.

  1. Mengembangkan strategi periklanan

Langkah pertama dalam membuat strategi periklanan  adalah memahami hubungan antara

konsumen dan produk dengan mengukur rantai akhir, yang mewakili konsumen dari kategori produk atau bentuk produk tertentu.

  1. Mengembangkan strategi penjualan personal

Proses perumusan strategi penjualan individu disebut  model ISTEA, yang terdiri dari impresi (impression), strategi (strategy), komunikasi (communication), evaluasi (evaluation), dan adjustment (adaptasi). Model ini menekankan analitik konsumen sebagai titik awal untuk pengembangan strategi.

  1. Mengevaluasi Dampak dari Strategi Promosi

Mengevaluasi dampak dari strategi periklanan terdiri dari membandingkan hasil yang diperoleh dengan tujuan yang ditetapkan. Penilaian efektivitas dana dapat dilakukan secara langsung. Alat promosi  seperti kupon dapat digunakan untuk mendorong pendapatan jangka pendek. Tarif penukaran kupon dapat memberi Anda gambaran yang baik tentang seberapa efektifnya.

Manfaat promosi

Dalam penerapan jenis promosi diatas, ada manfaat di setiap masing-masing jenis strategi yang dilakukan.

  1. Menarik perhatian pasar dengan cepat
  2. Menjaga komitmen konsumen
  3. Meningkatkan potensi penjualan produk

Mempromosikan sebuah produk dapat menarik atau mendatangkan konsumen baru untuk membeli produk tersebut. Demikian pembahasan tentang mendesain dan menerapkan strategi promosi, jika anda akan  melakukan promosi anda dapat mengunjungi web kami karena kami dapat melakukan promosi yang spesifik dan menjadikan bisnis anda menjadi skala nasional.