Ayo! Memahami Proses komunikasi pemasaran

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Keberhasilan pemasaran produk dan jasa tentunya membutuhkan peran komunikasi pemasaran untuk memasarkan produk dan jasa tersebut. Proses ini  berjalan dengan baik ketika penjual atau komunikator dapat memberikan gambaran informasi tentang fitur, manfaat, dan kegunaan  produk  atau layanan. Untuk itu diperlukan  konsep atau strategi pemasaran yang matang dan terencana agar proses tersebut dapat berjalan dengan lancar dan efektif.

Proses yang dilakukan selama pemasaran disebut juga  proses komunikasi pemasaran. Proses komunikasi pemasaran adalah suatu metode mengkomunikasikan informasi tentang produk yang ada di pasar kepada pasar sasaran. Dengan kata lain, tujuan komunikasi pemasaran adalah untuk menghasilkan aktivitas jual beli suatu produk  atau jasa. Kali ini kami akan membahas tentang penjelasan proses komunikasi pemasaran, dan faktor-faktornya.

Penjelasan komunikasi pemasaran

Proses komunikasi pemasaran juga dapat diartikan sebagai sarana atau metode untuk melakukan pendekatan  persuasif dari produsen kepada pihak yang disebut  konsumen dalam rangka mengembangkan wilayah pasar  produk  produsen dan menghasilkan loyalitas konsumen.

Namun, sebelum memulai proses komunikasi pemasaran, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami beberapa elemen atau kombinasi dari masing-masing model komunikasi pemasaran. campuran komunikasi, selain itu anda dapat mengunjungi situs ini. Pemasaran atau unsur – unsur yang akan mempengaruhi sebuah komunikasi pemasaran tersebut antara lain :

  1. Komunikator disebut pembicara. Sebagai penjual atau promotor produk atau jasa yang dijual. Fungsinya untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang dijual.
  2. Komunikator, juga dikenal sebagai pendengar, bertindak sebagai penerima informasi yang disampaikan oleh komunikator. Komunikator juga dapat dianggap sebagai konsumen potensial.
  3. Pesan atau informasi yang diberikan atau dijelaskan oleh komunikasi pembicara kepada komunikasi pendengar atau konsumen potensial.
  4. Media atau alat yang digunakan oleh komunikator dan komunikator pada saat proses pemasaran berlangsung. Media tersebut dapat berupa iklan atau promosi pemasaran lainnya.
  5. Umpan Balik. Dapat juga diungkapkan sebagai pendapat atau tanggapan komunikator terhadap informasi yang diterima dari komunikator. Umpan balik dapat berbentuk perjanjian penjualan produk, misalnya.

Faktor-faktor proses komunikasi pemasaran

Beberapa faktor agar proses komunikasi pemasaran terjadi dan memiliki hasil yang efektif antara lain :

1. Mempromosikan produk dengan iklan

Periklanan telah berkembang untuk menjangkau semua lapisan masyarakat dengan presisi dan kecepatan, menjadikannya sebagai media yang sangat ampuh untuk mendukung  proses komunikasi pemasaran yang sukses. Proses komunikasi pemasaran menjadi lebih mudah jika produk  atau layanan yang Anda komunikasikan telah diiklankan atau dipromosikan melalui iklan.

2. Pameran produk

Kegiatan ketiga, yang juga turut mendukung terciptanya proses komunikasi pemasaran yang baik, adalah  melakukan pameran produk. Biasanya pada pameran produk, calon konsumen  langsung bertanya tentang spesifikasi, kegunaan dan hal-hal terkait produk yang dijual. Ketika itu terjadi,  proses komunikasi pemasaran benar-benar dimulai.

3. Terjalinnya sebuah hubungan baik antara penjual dengan pembeli

Hubungan baik yang telah terjalin antara penjual dengan pembeli akan menciptakan sebuah kelompok pasar yang sangat baik, karena kemungkinan besar dengan terjalinnya hubungan baik tersebut, calon konsumen akan menjadi konsumen yang berkelanjutan. Ketika terjalinnya sebuah hubungan yang baik, proses komunikasi antara penjual dan pembeli juga akan semakin lancar dan penyampaian informasi juga akan semakin mudah.

4. Mempengaruhi konsumen

Mempengaruhi konsumen juga merupakan sebuah proses yang sangat penting untuk mendukung pemasaran Anda berhasil. Mempengaruhi konsumen dapat Anda lakukan dengan membangun kesadaran atau minat konsumen dengan cara memberikan informasi yang akan merangsang konsumen untuk menggunakan produk Anda.

5. Pemecahan masalah

Proses komunikasi pemasaran yang sedang berlangsung juga harus mampu untuk melakukan pemecahan masalah bagi konsumen. Seorang konsumen akan membeli sebuah produk untuk mengatasi masalah yang dialaminya. Biasanya hal ini akan terjadi ketika proses komunikasi dilakukan untuk memasarkan produk kesehatan, teknologi ataupun kebutuhan lainnya.

6. Membuat keputusan

Setelah proses komunikasi pemasaran yang sedang berlangsung dianggap cukup, maka saatnya bagi Anda untuk menunggu keputusan dari konsumen. Keputusan dari konsumen bisa Anda dapatkan secara langsung ataupun bisa juga Anda dapatkan setelah konsumen berpikir terlebih dahulu. Pada proses ini, jangan biarkan calon konsumen Anda untuk ragu terhadap produk Anda. Namun, jangan pula memaksa konsumen untuk menggunakan produk Anda.

Demikian, pembahasan tentang penjelasan proses komunikasi pemasaran, dan faktor-faktornya, apakah informasi ini membantu anda? Jadi proses untuk menyampaikan informasi mengenai sebuah produk yang dipasarkan kepada orang – orang yang telah dijadikan sebagai target pasar. Jika anda mempunyai atau akan membangun sebuah bisnis anda dapat mengunjungi situs kami kami dapat membantu untuk mempromosikannya dengan spesifik.