Search Engine Marketing: Pengertian, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan

Table of Contents

Sekarang di jaman ini hampir di seluruh dunia mengenal apa itu ponsel dan media sosial, hingga saat ini media sosial masih banyak digunakan untuk digital marketing, biasa yang Anda lihat di shopee. TikTok shop, Tokopedia dan masih banyak lainnya, ada juga yang melakukan penjualan online melalui website, Search Engine Marketing salah satunya untuk kemitraan website Anda. Artikel ini akan membahas pengertian SEM, kelebihan dan kekurangan serta tujuannya.

Baca juga: Strategi Remarketing untuk Meningkatkan Konversi

Apa Itu SEM?

SEM atau Search Engine Marketing merupakan sebuah cara atau strategi pemasaran dengan cara kerjanya berbentuk iklan untuk meningkatkan visibilitas website /seberapa mudah website Anda terlihat di mesin pencarian orang-orang, contohnya ketika Anda mencari sesuatu di pencarian google dan mengetikkan kata kunci yang ada teknisnya dengan website, maka website itu sendiri akan lebih mudah untuk terlihat di pencarian Anda.

Tujuan 

Meningkatkan visibilitas situs web 

Setelah Anda menggunakan (SEM) website Anda yang sudah diiklankan sudah dipastikan akan muncul di pencarian orang-orang seperti di google atau platform lainya, sehingga menjadikan visibilitas website Anda meningkat.

Daya tarik bagi pengunjung

SEM memiliki tujuan yaitu untuk menarik pengguna yang tepat sehingga dapat menjadikan website Anda lebih terkenal luas dan mudah diingat oleh orang-orang.

Menjangkau audiens baru dan memperluas jangkauan pasar 

Anda bisa juga mencoba salah satu strategi SEM untuk meluaskan jangkauan website Anda ke pasar, karena SEM memiliki tujuan untuk mendapatkan pelanggan baru, karena itu Anda memiliki kesempatan yang luas untuk meningkatkan pengunjung yang datang ke website Anda, dan pengunjung yang melakukan sesuatu yang Anda inginkan, membeli produk contohnya.

Organic Traffic: Pengertian, dan Strategi untuk Meningkatkannya

Kelebihan

Nah, sebelum Anda menggunakan Search Engine Marketing Anda juga harus mengetahui dulu apa kelebihan dan kekurangannya, berikut untuk kelebihannya: 

Setelah Anda menggunakan sem Anda akan merasa berbeda dengan sebelum menggunakannya pertama di dalam mesin pencarian website Anda akan lebih mudah terlihat, sem kedua dapat meningkatkan nama brand atau produk Anda, karena nama website Anda mudah terlihat maka orang-orang akan mudah mengingat nama brand Anda, ketiga proses yang cepat.

Kekurangan

setelah Anda mengetahui kelebihannya sekarang Anda akan melihat dari segi kekurangannya, berikut beberapa kekurangan dari sem:

Sem memiliki kelebihannya dan kelebihan itu juga sangat membantu Anda dalam meningkatkan visibilitas dari website Anda namun, sem juga memiliki kekurangan-nya, yang pertama yaitu sem memiliki biaya yang mahal, kenapa? karena saat ada orang yang mengklik website Anda orang tersebut akan melihat iklan tetapi Anda diharuskan membayar untuk iklan itu, ini memang dari sistemnya sem sendiri, kedua hasil yang bersifat sementara, karena ketika Anda berhenti membayar per iklannya website Anda akan menurun dari pencarian orang-orang, ketiga persaingan yang ketat dengan perusahaan lain, maka dari itu Anda harus memiliki strategi dan cara pengolahan sem dengan tepat dan yang mengelola harus memiliki keahlian dan pengalaman khusus.

Kesimpulan

SEM dapat membantu Anda untuk meningkatkan visibilitas produk Anda sehingga dapat menjadikan produk Anda lebih terkenal di kalangan masyarakat maupun umum. Jadi untuk Anda yang ingin meningkatkan visibilitas produk Anda, strategi SEM bisa menjadi jawaban untuk Anda.

Ingin meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis di dunia digital? DIGIMA siap membantu! Kami menyediakan layanan pembuatan konten Instagram yang menarik, pengembangan website profesional, serta produksi video pendek yang menarik untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. Optimalkan strategi pemasaran digitalmu bersama DIGIMA! Hubungi Admin DIGIMA atau kirim DM ke Instagram DIGIMA sekarang dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda. 

Untuk referensi

https://id.jobstreet.com/id/career-advice/article/search-engine-marketing-tujuan-kelebihan