7 Tips Menentukan Lokasi Usaha Yang Strategis

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Bagi yang sedang mencari lokasi usaha strategis dan hendak sewa ruko, pastikan Anda cermat ketika memilih tempat. Tentu saja, menentukan lokasi usaha yang strategis bisa dibilang gampang susah.

Karena itu, ada beberapa faktor yang penting untuk diperhatikan agar bisnis ynag Anda kembangkan berjalan lancar. Nah untuk membantu menentukan lokasi usaha yang strategis, kita telah merangkum tujuh tips yang bisa Anda terapkan.

Menentukan Lokasi Sesuai Demografi Konsumen

Menentukan lokasi usaha yang strategis perlu diiringi pengetahuan demografi konsumen yang menjadi target pasar. Pada dasarnya, terdapat beberapa faktor penting dalam menentukan demografi konsumen yang strategis.

Dengan menentukan demografi konsumen, akan berpengaruh dalam langkah pemasaran usaha yang hendak dijalankan.

Lokasi Ramai dan Lalu Lalang

Memperhatikan tingkat keramaian menjadi salah satu cara menentukan lokasi usaha yang strategis.

Anda dapat memperhatikan trafik lalu lalang kendaraan dan pejalan kaki yang lewat. Jika ramai, lokasi tersebut bisa sangat menguntungkan.

Semakin sering daerah tersebut dikunjungi masyarakat, maka semakin tinggi kesempatan konsumen untuk mendatangi lokasi usaha Anda.

Akses yang Mudah Dijangkau

Menentukan lokasi usaha yang strategis haruslah memperhatikan akses yang mendukung, yaitu mudah di akses oleh para konsumen.

Akses seperti row jalan lebar, bisa dimasuki oleh kendaraan, dan lokasi usaha yang dilalui transportasi umum akan memudahkan konsumen menjangkau lokasi usaha.

Memilih Lokasi Usaha Berdekatan Dengan kompetitor

Sekilas, lokasi usaha yang jaraknya berdekatan dengan kompetitor memang terlihat merugikan. Karena, tentunya akan memberikan peluang yang sangat besar untuk bersaing.

Tetapi, nyatanya memilih lokasi usaha yang berada di area kompetitor menguntungkan jika dilihat dari segi pemasaran.

Tidak perlu banyak memasarkan lokasi usaha, karena pembeli yang datang mengunjungi kompetitor jadi tahu bahwa usaha Anda berdekatan dengan toko tersebut.

Menentukan lokasi usaha yang strategis dan dekat dengan kompetitor pun akan mendekatkan tempat usaha pada target market yang dituju.

Lokasi Usaha Mudah Terlihat

Lokasi usaha yang strategi adalah letaknya ynag mudah terlihat dan memiliki visibilitas yang baik.

Dari segi pemasaran, lokasi semacam ini juga efektif dalam menghemat biaya dan lebih menguntungkan.

Salah satu lokasi lokasi usaha dengan visibilitas yang baik di kawasan Tangerang adalah West Park BSD City.

Kawasan ini ideal untuk tempat usaha karena lokasinya di jantung Kota Mandiri BSD City.

Tak hanya cocok untuk usaha, ruko gubahan Sinar Mas Land ini juga layak dijadikan sarana investasi masa depan.

Tempat Usaha Dengan Luas Ideal

Ukuran dari tempat usaha yang ingin Anda jalankan pun perlu dipertimbangkan sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan, ciri dari tempat usaha yang strategis ialah luas tempatnya yang memandai.

Jika tempat usaha yang terlalu kecil, akan membuat pengalaman belanja para konsumen menjadi tidak nyaman.

Sedangkan jika terlalu besar, Anda akan terlalu sulit mengurusnya serta banyak membuang uang.

Oleh karena itu pastikan ukuran tempat usaha cukup dan ideal, agar memudahkan kom=nsumen saat melihat produk yang ditawarkan.

Memperhatikan Lingkungan Usaha dan Sekitarnya

Tips selanjutnya, Anda perlu memperhatikan lingkungan sekitar tempat bisnis dan usaha.

Tentu, lingkungan faktor penting yang bisa mempengaruhi pandangan konsumen.

Misalnya jika Anda membuka sebuah restoran, tetapi berlokasi di tempat yang kurang bersih atau dekat dengan pembuangan sampah.

Pasti konsumen akan enggan berkunjungg ke restoran tersebut.

Itulah beberapa tips cara menentukan lokasi usaha yang strategis. Jika ingin membeli ruang usaha atau ruko, terdapat beberapa pilihan menarik, seperti Ruko Monaco 2 dan Magna Commercial Summarecon, semoga dapat membantu Anda.