Copywriter adalah pembuat konten profesional yang mengembangkan dan menulis untuk menarik minat pembeli. Jika Anda tertarik untuk berkarir sebagai copywriter, ada berbagai keterampilan atau skill yang Anda perlukan untuk menjadi sukses. Misalnya, seorang copywriter yang membuat media digital biasanya akan sangat bergantung pada skill teknis di samping keterampilan menulis mereka. Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi beberapa skill copywriting yang harus dimiliki copywriter.
Berpikir Kreatif
Hal utama skill copywriting yang harus dimiliki copywriter merupakan berpikir kreatif karena membuatt materi tertulis membutuhkan banyak kreativitas dan imajinasi, oleh karena itu copywriter tidak asing dengan pemikiran semacam ini. Keterampilan berpikir kreatif yang membantu para profesional ini berhasil dalam peran mereka dapat mencakup kemampuan untuk membangun hubungan baru antara konsep dan menemukan cara inovatif untuk mempromosikan merek dan bisnis.
Dapat Memecahkan Masalah
Hal kedua dalam skill copywriting ini merupakan pemecahan masalah. Hal tersebut adalah bagian besar dari pekerjaan copywriter dan keterampilan ini merupakan kebutuhan untuk menavigasi berbagai aspek profesi. Misalnya, seorang copywriter yang bekerja untuk perusahaan periklanan besar mungkin terus-menerus mengandalkan keterampilan pemecahan masalah mereka untuk tetap berada dalam anggaran dan jadwal proyek sambil mengembangkan strategi yang paling efektif untuk tujuan bisnis lebih lanjut. Pemecahan masalah juga sangat penting untuk mengerjakan berbagai jenis proyek penulisan.
Skill Interpesonal
Skil copywriting yaitu skill interpersonal seperti membangun dan memelihara hubungan sangat penting dalam peran copywriting. Berkomunikasi dengan pelanggan dan klien, mendengarkan umpan balik dan berhubungan dengan orang lain diperlukan untuk sukses dalam peran komunikasi, terutama copywriting. Karena copywriter pada dasarnya memasarkan ke pelanggan, mereka harus mengandalkan keterampilan interpersonal untuk lebih berhubungan dengan basis pelanggan mereka.
Skill Penelitian
Keterampilan dalam copywriting membutuhkan penelitian yang kuat adalah suatu keharusan bagi setiap copywriter, terutama ketika menyangkut jenis proyek penulisan yang lebih kompleks seperti kertas putih atau panduan teknis. Selain itu, selalu ada tingkat penelitian yang terlibat ketika copywriter membuat materi iklan atau pemasaran baru. Misalnya, copywriter yang membuat materi promosi dapat meneliti bisnis pesaing untuk mengetahui jenis iklan apa yang berhasil. Jenis penelitian ini dapat membantu copywriter membangun garis besar tulisan dan strategi untuk menjangkau pelanggan.
Keterampilan Menulis yang Kuat
Keterampilan keras pertama dan terpenting yang dimiliki para profesional ini adalah keterampilan menulis. Copywriter membuat berbagai jenis salinan yang dapat berkisar dari bentuk konten yang lebih panjang (seperti kertas putih dan artikel jurnal) hingga deskripsi produk singkat dan slogan iklan. Kemampuan menyampaikan gagasan yang pada akhirnya membujuk audiens untuk mengambil tindakan secara tertulis adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh semua copywriter.
Kemampuan Berkomunikasi
Selain komunikasi tertulis, skill copywriting juga perlu memiliki keterampilan komunikasi verbal yang efektif. Kemampuan untuk berbicara selama rapat, berkolaborasi dengan kolega dan klien, dan memulai promosi penjualan bila diperlukan, semuanya dapat menjadi cara agar keterampilan komunikasi membantu copywriter sukses.
Rasa Ingin Tahu
Untuk menjadi copywriter yang meyakinkan, Anda harus mencari tahu tentang produk yang Anda jual. Ini berarti menemukan fitur, manfaat, dan nilai jual uniknya dan jika Anda ingin membuat atau mendekati campaign dari sudut pandang baru, semakin banyak Anda tahu tentang produk, semakin mudah menemukannya.
Skill copywriting dimulai tuntutan berpikir kreatif hingga rasa ingin tahu yang wajib dimiliki oleh copywriter atau Anda yang tertarik dalam bidang copywriting ini. Selain itu, Anda bisa menguak informasi lain mengenai copywriting di DIGIMA.