Email marketing adalah salah satu cara pemasaran yang sering dilakukan bagi bisnis online. Keunggulan email marketing membuat bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang ke depannya.
Dalam pemasaran online, ada banyak strategi yang dapat digunakan dan salah satu strategu pemasaran tersebut adalah email marketing. Lalu, apa itu email marketing?
Email marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan email untuk mengirim promosi dan pemasaran lainnya langsung ke email pelanggan. Kami sangat merekomendasikan strategi pemasaran online ini jika Anda ingin membangun bisnis Anda di dunia digital. Mengapa demikian? Simak 7 keunggulan email marketing melalui artikel berikut ini.
Keunggulan email marketing
Berikut beberapa 7 keunggulan dari email marketing untuk mengembangkan bisnis di dunia digital, yaitu:
Mudah digunakan
Dibandingkan platform pemasaran online lainnya, email adalah alat pemasaran online yang paling mudah digunakan dibandingkan dengan platform pemasaran online lainnya. Tentunya sebagai seorang pengusaha, Anda sudah memiliki email bukan? Anda tidak hanya memiliki email, tetapi Anda juga perlu menggunakannya secara aktif untuk mengirim pesan tentang bisnis Anda.
Saat membuat pemasaran email, Anda memerlukan konten pesan yang orisinal, kreatif, dan mampu meyakinkan penerima yang dituju, misalnya mengunjungi situs web perusahaan Anda atau terlibat dalam aktivitas perdagangan. Kami memiliki sedikit tips yang dapat Anda gunakan dalam membuat email marketing berikut ini:
- Buat judul email yang dapat membangkitkan emosi pelanggan Anda.
- Masukkan nama panggilan untuk mengembangkan hubungan yang lebih pribadi dengan pelanggan Anda.
- Tambahkan gambar dan video agar email Anda tidak membosankan.
- Menambahkan informasi mengenai informasi pribadi perusahaan Anda, mulai dari alamat, nomor telepon, media sosial hingga website (jika ada).
- Akhiri email Anda dengan kalimat CTA (Call-to-Action) untuk mendorong pelanggan Anda mengambil tindakan sesuai dengan tujuan pemasaran email Anda.
Biaya yang dikeluarkan tidak besar
Menggunakan strategi pemasaran email marketing tidak hanya mudah, tetapi juga hemat biaya. Anda bahkan dapat memulai dengan strategi pemasaran ini secara gratis. Namun, Anda harus mengembangkan strategi yang lebih efektif, seiring berjalannya ini dari waktu ke waktu untuk mendapatkan perkembangan terhadap strategi email marketing ini. Meskipun demikian, biaya yang dikeluarkan jauh lebih rendah dan hasil yang dicapai menguntungkan bagi perusahaan.
Dampaknya dapat langsung dirasakan
Email marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk membangun hubungan antara pemilik bisnis dengan pelanggannya. Hal ini memberikan keuntungan yang pasti pada strategi pemasaran online ini karena dampaknya dapat dirasakan secara langsung dibandingkan dengan pemasaran online melalui media sosial. Hal ini bukan tidak mungkin, apalagi jika email yang Anda kirimkan berisi promosi dan didukung oleh konten pesan yang menciptakan rasa kebutuhan dan urgensi pelanggan. Anda akan melihat efeknya dalam waktu 24 jam setelah email pemasaran dikirim. Merasa mail ke pelanggan.
Dapat menjangkau calon pelanggan dari manapun
Ini menawarkan manfaat dan peluang besar bagi pemilik bisnis di era online ini. Anda tentu paham dengan pola kerja internet yang bisa menghubungkan orang dari jarak terjauh atau bahkan dari belahan bumi lain.
Mudah untuk menargetkan penerima email marketing
Jika poin sebelumnya berbicara tentang pelanggan umum atau pelanggan dari seluruh dunia, pada poin ini Anda dapat memahami bahwa pemasaran email dapat digunakan untuk menargetkan pasar tertentu tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Misalnya ada produk bisnis kecantikan. Anda kemudian dapat menargetkan penerima email pemasaran Anda ke pemilik salon dan penata rias untuk membeli produk kecantikan tersebut.
Keuntungan yang didapat meningkat
Salah satu manfaat yang pasti akan Anda rasakan adalah peningkatan keuntungan bisnis. Email marketing adalah strategi pemasaran online yang memungkinkan Anda membuat pelanggan membeli produk atau layanan Anda secara impulsif. Ini karena ada rasa urgensi ketika mereka melihat tawaran yang Anda kirimkan dalam email marketing.
Proses dan hasil mudah diukur
Dalam melakukan pemasaran online, termasuk email marketing, dapat menggunakan alat tertentu untuk menganalisis dan mengukur keseluruhan proses dan kinerja. Pengukuran ini dapat digunakan untuk tinjauan dan evaluasi yang membantu membentuk strategi bisnis kedepanya.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan email marketing untuk bisnis, kini saatnya untuk Anda Menyusun strategi email marketing yang tepat. Dengan demikian, bisnis Anda akan terus berkembang di dunia digital dan memberikan keuntungan yang tinggi tentunya.