Anda pastinya telah mengetahui pengertian iklan. Pemasaran(marketing) dan periklanan merupakan suatu program yang saling berhubungan dengan promosi dan penjualan produk dan pelayanan. Walaupun keduanya saling berhubungan, tetapi keduanya saling merujuk pada aspek yang tidak sama dalam prosedur penjualan. Marketing mengarah pada strategi dasar yang langsung terjun pada penjualan produk dan layanan. Sedangkan periklanan mengarah pada strategi pemasaran yang sering dipakai oleh berbagai perusahaan dalam menjual produk dan layanannya. Terdapat 7 jenis iklan online yang sering dipakai oleh berbagai perusahaan. Namun, sebelumnya yuk ketahui pengertian iklan online terlebih dahulu.
Pengertian iklan online
Iklan online adalah jenis iklan secara online yang disampaikan melalui internet. Iklan online bisa berupa berita atau informasi sederhana yang mempromosikan atau memperkenalkan produk atau layanan kepada masyarakat umum dan membujuk mereka supaya tertarik untuk memakainya. Tujuan dari iklan online sebenarnya sama dengan tujuan iklan pada umumnya, di mana iklan online bertujuan untuk berkomunikasi, mengundang, membujuk, menarik, mencari relasi kepada masyarakat umum dalam usaha memperoleh keuntungan. Iklan online dibagi menjadi 7 jenis yang sudah disediakan penjelasannya bagi Anda di bawah ini.
7 jenis iklan online
Dari pengertian iklan online di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa iklan online adalah suatu usaha pemasaran online dengan menampakkan sub web pada search engine yang berbayar. Terdapat 7 jenis iklan online yang populer, antara lain,
- Direct Advertising
Direct Advertising merupakan suatu pengiklanan online di mana pemilik media terlibat secara langsung dalam perjanjian kontrak pada saat menampilkan iklan online. Media yang paling umum digunakan ialah situs web dengan banyak pengunjung.
- Self Service Advertising
Self service Advertising merupakan strategi dalam pengiklanan di mana Anda sebagai pemilik iklan harus mengeksekusi teori iklan, penempatan, tampilan, dan tulisan iklan sendiri dengan berbagai prosedur yang dilakukan di jaringan Anda sendiri. Contoh dari pengiklanan ini yaitu Google Adwords. Jenis iklan ini bisa memberikan kemungkinan berupa pengunjung dapat melihat bermacam-macam jenis media pelayanan iklan.
- Contextual Advertising
Iklan online yang ketiga ialah contextual Advertising. Sama dengan makna yang terkandung pada namanya, iklan ini akan muncul apabila sesuai dengan topik yang sedang dicari. Contohnya saja, jika Anda mengunjungi situs web yang sedang membahas ulasan makeup, maka iklan yang Anda lihat juga akan berisi tentang makeup. Iklan ini tidak hanya sebatas pada situs web. Tetapi juga akan muncul di berbagai aplikasi dan game seluler. Pastinya, Anda sering menjumpai iklan jenis ini pada saat membuka suatu aplikasi atau pada saat bermain game.
- In Text Advertising
In text Advertising atau sering disebut dengan iklan sebaris yaitu iklan yang sering muncul dengan kalimat tertentu pada suatu konten web. Biasanya, iklan ini mempunyai layar yang berwarna berbeda dari teks konten pada umumnya. Kemudian, ketika pengunjung mengarahkan kursor ke teks, sebuah kotak kecil menampilkan iklan yang berbasis kata kunci. Terdapat berbagai jenis iklan yang muncul dalam iklan ini. misalnya saja, iklan penjualan produk atau layanan dengan pesan yang berdasarkan konten yang relevan tersebut pada bagian akhir. Sistem iklan ini secara otomatis akan mengaitkan tulisan tertentu pada situs web Anda dengan konten iklan yang relevan.
- RSS Advertising
RSS Advertising dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan penempatan iklan dengan berdasarkan pada karakteristik tertentu. Mirip dengan namanya, jenis pengiklanan ini umumnya ditampilkan pada RSS feed pada situs web yang telah disesuaikan dengan konteks dan kontennya.
- Sponsorship Advertising
Sponsorship Advertising merupakan salah satu strategi pengganti yang sering dipakai dan terbukti lebih efektif dibandingkan iklan banner yang umumnya dalam bentuk dukungan finansial(bantuan) daripada mempromosikan brand.
- Video Advertising
Apabila Anda sedang menginginkan pengiklanan online yang tepat untuk bisnis Anda, video Advertising merupakan solusinya. Jenis iklan ini bukan hanya efektif saja, tetapi juga dapat dipakai untuk menghibur calon pelanggan Anda dan membuat mereka merasa tertarik dalam memakai produk yang sedang Anda promosikan. Beberapa konten sangat cocok dalam video adevrtising ini. Anda dapat memulainya dengan menjelaskan tata cara menggunakan produk, proses produksi, dan cerita dibalik layar yang belum banyak diketahui oleh pelanggan.
Iklan yang baik sangat diperlukan untuk mendorong penjualan secara digital. Lebih-lebih apabila perusahaan Anda bergerak di bidang multinasional. Anda juga harus bisa menganalisis berbagai jenis iklan yang sesuai dengan target pasar Anda. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai informasi artikel diatas Anda bisa mengunjungi akun media sosial kami.