6 Cara Mengoptimasi Keyword

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Penggunaan search engine biasanya sangat berkaitan erat dengan yang namanya keyword. Dikarenakan keyword sangat berpengaruh terdapat suatu website. Makanya, Anda sebagai seorang blogger pasti membutuhkan cara mengoptimasi keyword yang berhubungan dengan search engine(mesin pencari). Sebenarnya, tak hanya blogger saja yang membutuhkan cara mengoptimasi keyword, tetapi juga para pebisnis yang mempunyai saluran e-commerse tertentu juga pastinya membutuhkannya. Lalu, apa sih keyword itu? Dan bagaimana cara mengoptimasinya? Semuanya akan Anda pahami setelah membaca tuntas penjelasan di bawah ini.

Pengertian keyword

Keyowrd ialah suatu rangkaian kata yang digunakan untuk menemukan informasi atau pencarian data pada halaman web yang diinginkan. Biasanya, Keyword juga disebut dengan kata kunci yang ditekankan dalam suatu halaman website. Keyword sangat mempengaruhi suatu artikel dalam memenangkan persaingan konten artikel di berbagai website dan juga di media sosial.

6 Cara mengoptimasi keyword

Mengoptimasi keyword sangat berpengaruh terhadap website Anda supaya konten Anda mudah ditemukan dan muncul di halaman teratas mesin pencarian. Mengoptimasi keyword juga akan meningkatkan traffik pengunjung pada situs web Anda. di bawah ini terdapat 6 cara dalam mengoptimasi keyword.

Memeriksa strategi SEO

Cara pertama ialah, Anda harus memeriksa strategi SEO yang sudah Anda pakai dalam konten Anda selama ini. Anda bisa melihatnya melalui tag, judul(title), struktur url, gambar, konten, dan juga media sosial. Pastinya, setiap orang mempunyai strategi SEO yang berbeda-beda, jadi sangat penting bagi Anda untuk memeriksa strategi SEO pada konten Anda.

Menentukan keyword

Dalam menentukan kata kunci atau keyword, Anda perlu melakukan beberapa hal, di antaranya yaitu memahami situs web Anda sendiri, melakukan asumsi atau hipotesis terhadap situs web Anda, melakukan percobaan, memperbarui strategi pemasaran Anda, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan beberapa alat dalam menentukan kata kunci yang tepat pada situs web Anda. Faktanya, webmaster menyediakan berbagai jenis kata kunci yang sering dipakai oleh banyak pengunjung pada mesin pencari. Selain itu, mereka juga menggunakan alat riset kata kunci(keyword research tools) yang bisa memungkinkan Anda dalam menemukan kata kunci yang tepat untuk konten Anda. Sebaiknya, temukan keyword yang paling banyak dicari. Relevan dengan konten Anda, dan mempunyai rasio konversi yang terbaik. Jangan lupa untuk memahami situs web Anda sendiri supaya tidak menyulitkan Anda dalam menentukan kata kunci yang tepat.

Perancangan kata kunci yang tepat

Perancangan kata kunci adalah strategi yang mengharuskan Anda melakukannya dengan benar. Misalnya, kata kunci tidak hanya ada di halaman utama, tetapi didistribusikan secara merata di semua halaman. Ini penting agar tidak menumpuk dan terlihat efektif di mesin pencari.

Kurangi menggunakan keyword dengan sering

Jangan pernah melewatkan isi konten hanya karena Anda ingin memasukkan banyak kata kunci. Pembaca pasti menginginkan konten yang berkualitas dan kata kunci yang relevan. Jadi, jangan diliputi ketakutan bahwa konten Anda tidak akan berkualitas tinggi.

Penulisan keyword pada judul

Judul adalah faktor terpenting di semua mesin pencari, mesin pencari seperti Google selalu menempatkan tag judul di hasil pencarian teratas. Karena itu, Anda perlu memastikan menggunakan kata kunci dalam judul artikel Anda. Tujuan dari penulisan keyword pada judul ini adalah untuk mengoptimasi kata kunci Anda pada bagian yang paling penting, yaitu judul halaman atau judul artikel, yang biasanya ditampilkan pada title bar browser yang Anda gunakan.

Aturan umum untuk menukis judul yang menarik dan berkualitas adalah judul tidak terlalu panjang, tidak terlalu pendek (minimal 40-60 karakter), sertakan kata kunci utama dan bervariasi sesuai kata kunci lainnya, judul dan konten yang sesuai, mudah dipahami oleh calon pengunjung dan menarik perhatian pengguna mesin pencari yang mengunjungi situs web teman.

Pemakaian kata kunci pada deskripsi

Deskripsi merupakan ringkasan atau makna dari isi artikel yang telah Anda buat. Penggunaan deskripsi yang baik biasanya hanya terdiri dari 150-160 kata saja. Ringkasan hasil pencarian ini mempunyai nilai bagus untuk mesin pencari. Selain itu, juga terdapat nilai tambah tingkat akurasi apabila Anda selalu memasukkan kata kunci dalam deskripsi.

Mengoptimalkan keyword memang menjadi bagian terpenting yang harus diperhatikan pada saat pembuatan konten pada situs web Anda. Sebaik apa pun konten Anda, apabila keywordnya tidak dioptimalkan maka konten Anda tidak akan bisa ditemukan. Hal ini menjadi percuma. Jadi, gunakan 6 cara di atas dalam mengoptimalkan keyword pada situs web Anda. Semoga membantu.