Fitur yang harus Anda miliki jika Anda menjalankan bisnis online dan memiliki situs web eCommerce. Keberhasilan banyak situs web ditentukan oleh produk yang ditawarkan dan seberapa baik situs web dipasarkan, fitur yang disediakan situs web, pelanggan dan pemilik situs web. Sebagai pemilik bisnis, penting untuk memiliki alat untuk mengelola situs web Anda Misalnya, jika Anda menawarkan persyaratan pembayaran kepada pelanggan Anda, Anda harus memastikan bahwa platform yang Anda gunakan memberi Anda kemampuan untuk menetapkan batas kredit pelanggan. Oleh karena itu, apa saja sih fitur website e-commerce yang penting?
Desain yang Mudah
Mungkin fitur terpenting yang diinginkan pelanggan di situs e-niaga adalah pengalaman pengguna yang baik. Jika pelanggan Anda tidak dapat menemukan jalan di sekitar situs web Anda atau mereka kesulitan menemukan apa yang mereka cari, mereka kemungkinan akan berpindah dengan cepat ke salah satu dari banyak pengecer online lainnya. Manfaatkan praktik terbaik UX e-niaga.
- Prioritaskan pengalaman pelanggan dengan:
- Membuat beranda sederhana, lugas, dan berkualitas tinggi.
- Termasuk bilah pencarian.
- Cantumkan halaman kategori dengan jelas di bilah navigasi.
Pengembangan Situs Web Ramah SEO
Sekarang setelah Anda memilih platform yang menawarkan fitur SEO yang Anda butuhkan, tidak ada lagi yang perlu dipikirkan. Meskipun sebuah platform bisa sangat SEO friendly, pengembang yang mengimplementasikan desain, tema, dan melakukan semua pengkodean Anda harus memahami SEO. Kami tidak dapat cukup menekankan hal ini bahwa apa pun platform yang Anda pilih jika agen pengembangan Anda tidak memahami SEO dan implikasi SEO dari pekerjaan mereka, situs web Anda akan disiapkan untuk kegagalan. Cara terbaik untuk memastikan hal ini terjadi adalah dengan menyewa satu perusahaan untuk membangun situs web Anda dan menangani kampanye SEO Anda.
Fitur Pengguna dan Diskon
Pelanggan suka merasa bahwa mereka mendapatkan kesepakatan yang baik dan diperlakukan berbeda dari pelanggan lain. Tawarkan penawaran yang dipersonalisasi, penawaran, dan fitur pengguna lainnya untuk memberi mereka jenis pengalaman yang menarik dan disesuaikan ini. Selain itu, bisa di tawarkan akun pengguna tempat pelanggan dapat mengakses penawaran harga loyalitas, daftar keinginan pribadi mereka, dan riwayat akun. Anda juga dapat menggunakan sistem email otomatis platform e-niaga untuk mengirim penawaran khusus yang ditargetkan kepada pelanggan setia.
Fitur Mobile Seluler
Di pasar modern, konsumen e-niaga semakin bergantung pada perangkat seluler mereka. Menurut SaleCycle, perangkat seluler digunakan dalam 56% dari semua pembelian online pada tahun 2020. Dengan kata lain, sebagian besar pelanggan ingin menelusuri toko online di ponsel mereka, jadi menyertakan pengoptimalan seluler dalam desain situs web e-niaga Anda sangat penting. Pastikan desain web Anda secara otomatis dimodifikasi untuk ukuran layar dan bentuk ponsel untuk meningkatkan tingkat konversi Anda dan membuat pelanggan senang.
Layanan Pelanggan (Customer Service) 24/7
Bagian besar dari pengalaman pelanggan yang sukses adalah menyediakan layanan pelanggan yang membantu dan dapat diakses pada website e-commerce Anda. Menurut Microsoft, 90% orang Amerika menganggap layanan pelanggan sebagai fitur penting ketika memutuskan apakah akan membeli dari perusahaan atau tidak. Sertakan chatbot layanan pelanggan 24/7 sebagai salah satu fitur situs web e-niaga Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan setiap saat.
Itulah fitur-fitur yang harus ada di website e-commerce Anda. Hal tersebut mulai dari Desain yang mudah atau simple hingga customer service. Di DIGIMA bisa menguak informasi lainnya juga loh. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.