4 Tips Cara Mengelola Anggaran Marketing

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Marketing budget atau anggaran marketing salah satu biaya yang hampir pasti dikeluarkan oleh perusahaan. Agar tidak kebobolan, berikut ini tips mengelolanya. Setiap bisnis memiliki anggaran pemasaran sendiri dengan ukuran yang bervariasi berdasarkan preferensi dan kebutuhan. Tapi yang pasti, anggaran yang satu itu selalu ada di anggaran perusahaan.

Kegiatan pemasaran atau marketing merupakan salah satu kegiatan terpenting dalam bisnis. Tanpa kegiatan ini, perusahaan tidak dapat mengatur penjualan secara optimal. Akibatnya, pendapatan yang diperoleh kurang optimal.

Menurut Caroline Forsey dari Hubspot, marketing adalah segala sesuatu yang dilakukan perusahaan untuk membangkitkan minat publik pada suatu produk atau layanan melalui pengiriman pesan yang berkualitas. Kegiatan pemasaran bertujuan untuk menyampaikan nilai suatu produk kepada calon konsumen melalui konten, yang pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Faktanya, upaya pemasaran tentu membutuhkan biaya. Akibatnya, perusahaan biasanya mengalokasikan anggaran marketing mereka untuk memenuhi kebutuhan ini. Terlepas dari ukuran bisnis Anda, baik kecil, menengah atau besar, Anda memerlukan anggaran marketing untuk menjaga penjualan Anda tetap pada puncaknya.

Apa itu anggaran marketing?

Secara umum, anggaran marketing adalah total anggaran atau biaya yang dialokasikan perusahaan untuk kegiatan pemasaran. Kegiatan ini bervariasi dari perusahaan ke perusahaan tergantung pada berbagai faktor seperti industri, industri, target pasar dan tahap bisnis.

Cara menentukan anggaran marketing

Menentukan anggaran pemasaran yang tepat memerlukan beberapa langkah. Berikut adalah panduannya.

  • Ketahui kondisi dan kebutuhan bisnis Anda saat ini

Istilah bisnis di sini termasuk situasi keuangan, tahap bisnis saat ini, kondisi pasar, tren industri, dll. Mengetahui hal-hal ini akan membantu Anda memahami kebutuhan bisnis Anda dan menetapkan strategi bisnis masa depan Anda.

Misalnya, jika perusahaan Anda baru saja memulai dan tren pasar sedang berjalan dengan baik untuk bisnis Anda, Anda dapat memprioritaskan anggaran perusahaan Anda untuk upaya pemasaran. Karena mereka ingin meningkatkan kesadaran merek produk mereka.

Tetapi seberapa banyak Anda dapat menganggarkan untuk pemasaran tentu saja, tergantung pada situasi keuangan perusahaan Anda dan strategi pemasaran yang Anda gunakan. Oleh karena itu, penting untuk memahami terlebih dahulu keadaan bisnis Anda saat ini sehingga Anda dapat memprioritaskan ruang lingkup kebutuhan bisnis Anda.

  • Tentukan target atau objektif marketing

Jika Anda sudah mengetahui kebutuhan dan prioritas pemasaran bisnis Anda, sekaranglah saatnya untuk menetapkan tujuan yang ingin Anda capai dengan upaya pemasaran Anda. Sasaran pemasaran yang dapat Anda tetapkan adalah:

Brand awareness, leads generation, brand loyalty, website traffic, online purchase, community building, dll.

Ingatlah bahwa setiap aktivitas pemasaran yang Anda lakukan harus dapat diukur keberhasilannya untuk menentukan apakah penggunaan anggaran pemasaran Anda efektif. Jadi, pastikan Anda memiliki metrik yang jelas untuk tujuan yang ingin Anda capai dengan aktivitas ini.

  • Tentukan strategi marketing

Setelah menetapkan tujuan marketing, Anda perlu menetapkan strategi untuk mencapainya. Misalnya, jika tujuan Anda adalah brand awareness, Anda dapat menggunakan strategi content marketing dengan membuat akun media sosial dan halaman blog di situs web Anda. Anda juga dapat beriklan baik online maupun offline. Tentukan media yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan Anda saat ini.

Strategi pemasaran yang Anda gunakan akan menentukan biaya pemasaran yang akan Anda butuhkan di masa depan. Jadi tetapkan strategi Anda dengan hati-hati untuk memastikan bahwa pengeluaran pemasaran Anda masuk akal dan tepat sasaran.

  • Rinci estimasi kebutuhan biaya

Jika Anda sudah mengetahui strategi pemasaran yang ingin Anda kejar, Anda tahu biaya yang harus dikeluarkan. Perkiraan terperinci dari biaya ini sesuai dengan strategi pemasaran yang Anda rencanakan.

Setelah merinci semua biaya pemasaran yang diperlukan, Anda bisa mendapatkan anggaran pemasaran yang paling ideal untuk strategi bisnis Anda. Namun, anggaran tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan perusahaan. Jika perusahaan Anda memiliki dana terbatas, kurangi atau hilangkan elemen biaya pemasaran Anda yang tampaknya paling tidak mendesak.

Dengan demikian, Anggaran marketing adalah anggaran yang harus dialokasikan perusahaan untuk mendukung upaya penjualannya. Pengendalian anggaran ini harus dilakukan dengan bijak dan hati-hati agar berdampak signifikan terhadap perkembangan usaha. Kami berharap panduan dan tips di atas akan membantu Anda menentukan dan mengelola anggaran pemasaran Anda. Terima kasih telah mengunjungi artikel kami, semoga dapat membantu Anda.