Mobile Advertising: Pengertian, dan Jenis-jenisnya

Table of Contents

Ads Marketing Company

Apa Itu Mobile Advertising?

Mobile Advertising atau dalam bahasa Indonesia-nya iklan seluler adalah cara dalam dunia digital untuk pemasaran dengan memanfaatkan perangkat seluler atau biasa yang kita sebut dengan handphone atau juga tablet untuk dimunculkannya iklan pada ponsel pengguna. Biasanya Iklan ini bisa muncul di aplikasi, media sosial, mesin pencarian, atau bisa dengan model teks dan lewat pesan SMS.

Di Indonesia penggunaan ponsel hampir setiap hari juga hampir setiap orang mempunyai ponsel tentunya juga dalam pengaksesan internet setiap harinya. jadi untuk mobile advertising bisa menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan, mengoptimalkan pemasaran untuk menjangkau pengguna secara langsung dan tepat.

Baca juga: Peran Big Data dalam Digital Advertising: Strategi Pemasaran

Kenapa Mobile Advertising bisa Penting?

Sekarang banyak orang lebih sering menggunakan ponsel dan pemiliknya juga banyak, iklan di ponsel seluler menjadi semakin penting. Berikut beberapa alasan kenapa iklan seluler bisa menjadi sangat sangat penting dalam dunia digital saat ini:

  1. Akses yang Lebih Luas: Hampir semua orang menggunakan smartphone, sehingga menjadikan iklan lebih mudah menjangkau pengguna yang lebih besar.
  2. Targeting yang Akurat: Iklan dapat disesuaikan dengan lokasi, minat, dan kebiasaan pengguna dalam penggunaan ponsel di internet.
  3. Komunikasi Lebih mudah: Mobile ads sering kali lebih menarik karena berbentuk video, animasi, atau gambar.
  4. Biaya yang lebih murah: Dibandingkan iklan yang biasa pada umumnya, mobile advertising lebih hemat biaya dan memiliki keuntungan besar.

tutup komputer yang terbuka dengan dokumen elektronik di layar. - people using laptop potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis-jenis Mobile Advertising

Setelah mengetahui pengertiannya sekarang ada beberapa jenis-jenisnya. Berikut jenis utama iklan seluler:

  • Social Media Ads (Iklan Media Sosial)

Iklan yang sering muncul di platform seperti TikTok Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan lainnya. Iklan ini bisa berupa gambar, atau video, yang disesuaikan dengan kesukaan pengguna.

  • Banner Ads (Iklan dalam Aplikasi)

Iklan ini yang biasa kita temui di aplikasi tertentu biasanya yang sering ada di aplikasi game   Contohnya:

Banner Ads adalah iklan yang memiliki ukuran kecil iklan ini biasa kita temui di atas atau bawah aplikasi, sementara itu, Interstitial Ads hampir sama dengan Banner Ads hanya jika di Interstitial Ads iklannya memenuhi layar pengguna, dan munculnya diantara penggunaan aplikasi.

  • Iklan melalui SMS dan notifikasi aplikasi

Iklan berbasis pesan yang dikirim langsung ke pengguna melalui SMS atau notifikasi dari aplikasi. Strategi ini sering digunakan oleh e-commerce atau perbankan untuk menawarkan promo khusus.

  • Video Advertising

Iklan berbentuk video yang ditampilkan di platform seperti YouTube Ads atau TikTok biasanya iklannya muncul setelah kita menonton video dan bisa juga sebelum menonton video.

Kesimpulan

Dalam dunia digital saat ini penjualan online atau digital marketing bisa menambah uang saku kita, untuk meningkatkan digital marketing kita kita harus memiliki strategi untuk pemasarannya, nah mobile advertising bisa menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan digital marketing kita dengan pilihan model iklan yang banyak dan caranya untuk menampilkan iklan kepada pengguna yang sangat efektif dan bisa meningkatkan hubungan bisnis atau perusahaan dengan kita/ pelanggan.

Ingin meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis di dunia digital? DIGIMA siap membantu! Kami menyediakan layanan pembuatan konten Instagram yang menarik, pengembangan website profesional, serta produksi video pendek yang engaging untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. Optimalkan strategi pemasaran digitalmu bersama DIGIMA! Hubungi Admin DIGIMA atau kirim DM ke Instagram DIGIMA sekarang dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

Referensi

Wikipedia: periklanan seluler