12 Konsep Pemasaran yang Wajib Kamu Ketahui!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Di era modern seperti saat ini, pemasaran merupakan sebuah kalimat yang umumnya sering kita jumpai. Kebanyakan masyarakat sekarang yang bekerja pada bidang pemasaran atau biasanya kita juga menyebutkannya dengan istilah marketing, entah sebagai marketing officer, manajer marketing, sales man/girl, dan sebagainya. Pemasaran merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia bisnis yang memiliki beberapa konsep. Dan terdapat 12 konsep pemasaran yang wajib kita ketahui. Mengapa? Nah, sebelum kita membahas mengenai konsep pemasaran, alangkah lebih baik apabila kita mengetahui pengertian pemasaran secara umum terlebih dahulu.

Pengertian Pemasaran Secara Umum

Secara umum, pemasaran memegang peranan penting dalam segala bentuk bisnis. Fungsi marketing sebagai penghubung antara produsen perusahaan dengan masyarakat sebagai pengguna produk. Marketing juga bisa disebut sebagai garda terdepan bisnis dikarenakan sebagus apa pun produk atau produktivitas bisnis kita, tidak dapat menjamin kesuksesan dari bisnis itu. Dengan kata lain, perusahaan dengan sistem pemasaran yang lemah tidak akan pernah maju dan berkembang dalam mencapai tujuannya dan juga memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Dengan memahami istilah pemasaran secara umum, kita mengetahui bahwa pemasaran sangat penting sekali dalam setiap bisnis dalam mengoptimalkan tujuan dari sebuah perusahaan. Pengertian pemasaran sendiri ialah sebuah prosedur dalam beraktivitas secara menyeluruh, terpadu, dan terencana yang dilaksanakan oleh suatu lembaga atau organisasi yang beroperasi untuk memenuhi kebutuhan pasar melalui pembuatan produk. Produk sebaiknya dijual eceran, diberi harga, dijual, dan didistribusikan melalui kegiatan pertukaran untuk memuaskan konsumen dan bisnis. Pengertian pemasaran ini tentunya sangat relevan dan juga berhubungan dengan pengertian suatu produk.

Pengertian Pemasaran menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian pemasaran menurut pendapat dari beberapa para ahli, yaitu:

  • Kotler dan Armstrong

Kotler & Armstrong berpendapat bahwa, pemasaran adalah proses memberdayakan banyak orang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan atau butuhkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk yang ditawarkan dan dengan memberikan nilai produk kepada orang lain.

  • William J. Stanton

Menurut William J, pemasaran didefinisikan sebagai setiap kegiatan perusahaan atau bisnis yang dimaksudkan untuk merencanakan, menentukan harga yang wajar dari barang atau jasa, mengiklankan barang atau jasa, mendistribusikan barang atau jasa kepada konsumen, dan memuaskan konsumen dengan konsep tertentu.

  • Phil Kotler

Phil berpendapat, pemasaran adalah kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui proses pertukaran.

  • Hasan

Menurut Hasan, pemasaran adalah proses mengidentifikasi, menciptakan, menginformasikan, dan memelihara hubungan yang memuaskan pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.

  • Philip & Duncan

Menurutnya, pemasaran terdiri dari beberapa konsep yang membantu barang yang diperdagangkan sampai ke tangan pembeli.

  • Swasta dan Iran, 2008:5

Menurutnya, pemasaran merupakan salah satu kegiatan utama para wirausahawan yang bertujuan untuk mempertahankan, mengembangkan kehidupan, dan memperoleh keuntungan yang besar.

  • Swasta

Sebuah buku yang diterbitkan oleh Swasta juga menyebutkan definisi pemasaran. Hal ini juga mengarah pada kegiatan yang memenuhi kebutuhan penjual dan pembeli. Penjual dan pembeli melalui serangkaian proses negosiasi dan pertukaran yang bertujuan untuk menertibkan hubungan. Keuntungan yang memenuhi kebutuhan hidup.

  • Asosiasi Pemasaran Amerika(American Marketing Association)

Pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.

  • Firdaus

Menurut Firdaus, pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh kelompok seperti pengusaha untuk menjamin kelangsungan hidupnya, memenuhi kebutuhannya, dan menghasilkan keuntungan.

  • Bass & Hani (2004:4)

Di sisi lain, menurut kedua ahli di atas, mereka juga terlibat dalam kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, pemasaran termasuk beberapa proses mulai dari penetapan harga barang dan jasa tersebut hingga proses promosi dan distribusi. ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh manfaat dari proses pemasaran.

  • Hair dan Mac. Daniel

Menurutnya, pemasaran adalah sebuah konsep perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan penyebaran ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi tujuan pribadi dan organisasi.

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pemasaran adalah proses, cara dan kegiatan dalam memasarkan suatu produk. Tentang sosialisasi ke masyarakat umum.

  • Yazid

Selain itu, Yazid mengemukakan bahwa pemasaran merupakan kaitan antara organisasi dengan konsumennya. Peranan dari kaitan ini akan berhasil apabila seluruh upaya pemasarannya diorientasikan kepada pasar.

Konsep Pemasaran Yang Wajib Kita Ketahui

Dari beberapa definisi di atas, bisa kita simpulkan bahwa pemasaran bisa dipahami lebih lanjut dengan 12 macam konsep inti, antara lain:

Pasar sasaran dan segmentasi

Tidak setiap orang bisa menyukai minuman ringan, ruangan hotel, restoran, mobil, perguruan tinggi, dan hal lain yang sama. Makanya, produsen sebaiknya melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu dengan mengidentifikasi dan membedakan antar himpunan pelanggan yang mungkin lebih memerlukan produk yang mereka sukai.

Pemasaran dan prospek

Kita sebagai seorang pemasar sebaiknya mencari tanggapan yang meliputi perhatian, pemberian suara, pembelian, sumbangan, dll) dari pihak yang dianggap sebagai prospek. Apabila kita dan juga pihak prospek tersebut daling berupaya dalam menjual sesuatu kepada yang lain, maka bisa juga dianggap sebagai marketers.

Kebutuhan, keinginan, dan juga permintaan

Kita sebagai pemasar sebaiknya harus memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan dari pasar sasaran. Kebutuhan bisa menjadi keinginan apabila diarahkan kepada sasaran yang bersifat spesifik yang bisa jadi bisa memenuhi permintaan dari pelanggan.

Produk atau tawaran

Semua orang memuaskan kebutuhan dan keinginannya dengan produk tertentu. Kita harus memahami jenis-jenis utama dari penawaran dasar, di antaranya: barang, jasa, pengalaman, peristiwa, orang, tempat, properti, organisasi, informasi dan sebuah pendapat.

Nilai dan kepuasan

Produk bisa saja mengalami keberhasilan apabila kita sebagai pemasar bisa memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan sasaran. Kita juga bisa mendefinisikan nilai sebagai risiko antara apa yang telah kita dapatkan dan apa yang telah kita berikan kepada pelanggan.

Pertukaran dan juga transaksi

Pertukaran merupakan salah satu dari berbagai macam cara yang bisa kita gunakan dalam mendapatkan sebuah produk.

Hubungan dan jaringan pekerjaan

Pemasaran yang bersifat transaksi merupakan sebuah elemen dari suatu gagasan yang lebih besar yang biasanya juga dianggap sebagai pemasaran hubungan(relationship marketing).

Saluran pemasaran

Dalam mencapai sasaran dari sebuah pemasaran. Kita juga bisa menggunakan tiga jenis saluran pemasaran. Saluran yang bersifat komunikasi bisa kita pakau dalam menyerahkan dan menerima pesan dari pelanggan sasaran. Saluran ini bisa meliputi, surat kabar, majalah, radio, televisi, pos, dan lain-lain.

Rantai pasokan

Sementara pada saluran pemasaran bisa mengaitkan antara pemasar dengan pelanggan, rantai pasokan bisa menjelaskan bahwa suatu saluran yang lebih panjang yang terdiri dari bahan baku, elemen-elemen, hingga barang jadi yang disampaikan kepada pelanggan.

Persaingan

Persaingan bisa mencakup seluruh dari penawaran dari para pesaing serta barang pengganti yang bersifat aktual dan berpotensi yang bisa jadi dipertimbangkan oleh seorang pembeli.

Lingkungan pemasaran

Lingkungan pemasaran terbagi menjadi dua jenis, yaitu lingkungan tugas dan juga lingkungan luas.

Bauran pemasaran

Kita bisa memakai beberapa media dalam mendapatkan tanggapan yang kita harapkan dari pasaran sasaran. Media itu bisa membentuk suatu bauran pemasaran yang merupakan seperangkat media pemasaran yang biasanya dipakai oleh perusahaan secara terus-menerus dalam mencapai sebuah tujuan.

Jadi pemasaran merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan. Adanya konsep dalam pemasaran, bisa mempermudah kita dalam memenuhi semua kebutuhan yang kita inginkan. Semoga artikel ini membantu.