Segmentasi Pasar Adalah? Ketahui Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Melakukannya!

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Tertarik berwirausaha tapi ragu dengan calon pelanggan? Ada baiknya, sebelum menjalani wirausaha adalah mendalami bermacam-macam hal yang berhubungan erat dengan dunia perbisnisan, segmentasi pasar, produksi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan dunia marketing. Sesudah mempunyai produk, langkah selanjutnya bagi Anda sebagai seorang pengusaha yaitu melakukan segmentasi pasar. Hal ini bertujuan supaya produk yang sedang Anda jual akan menarik bagi calon pelanggan yang kemungkinan besar akan bertransaksi dengan Anda. lalu, apa sih pengertian dari segmentasi pasar? Dan apa saja manfaatnya?

Pengertian segmentasi pasar

Apabila Anda belum mengetahui seluk beluk dari segmentasi pasar, jangan khawatir. Segmentasi pasar sebenarnya sangat mudah untuk dipahami. Juga, apabila Anda baru mengenal dunia perbisnisan. Segmentasi pasar adalah suatu metode dalam mengelompokkan pelanggan ke dalam kelompok-kelompok yang memiliki kebutuhan, karakteristik, keperluan, dan keinginan yang sama melalui riset pasar.

Misalnya, Anda berkeinginan untuk mengiklankan produk yang berupa makanan kucing baru. Pelanggan Anda dapat disegmentasikan yang berdasarkan dengan apakah mereka mempunyai kucing. Pelanggan ini kemudian dapat dikelompokkan berdasarkan jenis kucing. Anda kemudian dapat melakukan pengiklanan makanan yang dikhususkan kepada anjing. Dalam memahami segmentasi pasar ini terbilang sangat penting bagi setiap perusahaan yang mengharapkan hasil yang optimal dan efektivitas pemasaran yang tinggi.

Tujuan segmentasi pasar

Tujuan utama dari adanya segmentasi pasar menurut Tjiptono & Chandra(2017) adalah untuk mengidentifikasi sekelompok pelanggan yang mempunyai keperluan yang bisa dipenuhi oleh satu produk tertentu, maka akibatnya bisa membantu perusahaan pada saat menentukan strategi pada pemasaran supaya lebih efektif. di samping itu, tujuan dasar adanya segmentasi pasar yang lainnya yaitu,

  1. Tidak seluruh pelanggan mempunyai ciri keperluan kesamaan produk.
  2. Dapat mengidentifikasi pelanggan yang mempunyai karakteristik dan keperluan yang sama.
  3. Dapat menargetkan kelompok pelanggan berdasarkan pelanggan yang mempunyai karakteristik dan keperluan yang lebih kecil dan kelompok pelanggan sejenis.
  4. Akan mempermudah suatu perusahaan dalam memuaskan kebutuhan pelanggan dengan lingkup yang luas.

Manfaat segmentasi pasar

Perlu Anda ketahui selain mempunyai beberapa tujuan utama, segmentasi pasar juga mempunyai berbagai manfaat. Di mana manfaat tersebut antara lain,

  1. Kemungkinan besar pesan dari pemasaran akan mengalami perkembangan secara drastis. Hal ini disebabkan karena Anda akan secara langsung berinteraksi dengan pelanggan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.
  2. Dapat menentukan strategi pemasaran yang efektif bagi Anda. ketahui, bahwa segmentasi pasar bisa menolong Anda dalam menentukan karakteristik antar pelanggan. hal ini dapat mengarah kepada strategi pemasaran yang tepat dan efektif yang sesuai dengan target pasar Anda.
  3. Menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan. Tepatnya strategi pemasaran yang telah Anda tentukan, dapat menjadi daya tarik bagi pelanggan Anda yang menginginkan produk Anda.
  4. Bisa meningkatkan branding bisnis. Segmentasi pasar dapat menciptakan pelanggan merasa lebih dimengerti dan dilayani dengan baik. Inilah yang akan menciptakan branding Anda terus dipakai oleh mereka.
  5. Mengembangkan brand Anda dengan lebih baik. Dalam hal ini, Anda akan lebih mengetahui kebutuhan dari para pelanggan Anda yang dapat menyebabkan produk Anda lebih berkembang dengan efektif dalam memenuhi kebutuhan mereka.
  6. Meningkatkan keuntungan bagi bisnis Anda. strategi yang telah Anda terapkan dalam melakukan penjualan produk Anda akan lebih memudahkan Anda dalam mempromosikan produk Anda kepada pelanggan, hal ini dapat menyebabkan peningkatan pada keuntungan Anda.

3 cara melakukan segmentasi pasar

Berdasarkan penjelasan di atas, segmentasi pasar adalah salah satu strategi pemasaran yang dilaksanakan menggunakan beberapa cara tertentu. Di bawah ini terdapat 3 cara yang bisa Anda terapkan dalam melakukan segmentasi pasar.

Survei stage

Cara pertama dalam melakukan segmentasi pasar yaitu mengikuti kegiatan eksplorasi yang sering disebut sebagai istilah survei stage. Survei ini dipastikan oleh perusahaan Anda sendiri, entah dengan melaksanakan wawancara, menyebar angket, ataupun meminta krisan secara langsung kepada masyarakat. Hal ini bertujuan supaya pihak dari perusahaan mempunyai data awal yang berhubungan dengan masyarakat pada pasar tertentu. Berisi informasi tentang motivasi dan sikap masyarakat terhadap produk Anda. apabila data pertama ini telah tersedia, langkah penerapan segmentasi pasar dapat dilanjutkan dengan menggunakan cara kedua. Cara kedua ini yaitu analisis informasi

Analysis stage

Apabila perusahaan Anda telah mempunyai data awal pelanggan, langkah kedua yaitu menganalisisnya. Hal ini yang dimaksud dengan fase analisis. Menemukan alasan di balik munculnya sikap dan krisan dari para masyarakat Anda merupakan salah satu bidang penganalisisan segmentasi ini. nantinya, kelanjutan analisis ini akan menjadi langkah awal menuju pengelompokan yang berdasarkan sikap, motivasi, dan sebab yang sama.

Profilling stage

Fase ini merupakan proses segmentasi pasar di mana perusahaan Anda akan mulai mengidentifikasi bermacam-macam hasil kelompok pelanggan. tolak ukurnya yaitu berdasarkan kelanjutan analisis survei yang kemudian ditambah dengan data dari analisis pelanggan awal. Proses ini akan menghasilkan nama kelompok pelanggan yang akan Anda jadikan target penjualan. Nah, menurut informasi yang telah Anda terima, produk Anda akan dijual kepada mereka ketika sudah selesai semuanya.

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa segmentasi pasar adalah pembagian pasar sasaran menjadi segmen-segmen tertentu sesuai dengan karakteristik tertentu. Untuk menjual produk Anda dengan benar sambil mengoptimalkan strategi pemasaran Anda, Anda perlu melakukan segmentasi.