Pentingnya Strategi Penetapan Harga Pada Produk(Pricing Strategy)

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Melakukan transaksi jual beli tidak lepas dari persoalan harga. Harga memainkan peran penting dalam perjanjian perdagangan antara Anda sebagai pihak produsen dan konsumen Anda. Melalui penetapan harga, kelayakan suatu produk dilihat dari nilai ekonomisnya. Oleh karena itu, dalam hal ini perusahaan biasanya menentukan suatu strategi dalam melakukan penetapan harga yang disepakati sebelum barang tersebut masuk ke pasar.

Pengertian Harga Menurut para Ahli

Menurut pendapat ahli, ada beberapa pengertian dari harga. Antara lain,

  • Menurut Alma (2016), harga adalah satuan mata uang atau ukuran produk.
  • Menurut Andi (2015), harga merupakan faktor utama yang mempengaruhi pilihan konsumen, dan harga berperan penting dalam keputusan pembelian konsumen.
  • Menurut Assauri (2014), harga adalah satu-satunya faktor dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan, faktor lainnya hanyalah faktor biaya.
  • Kotler dan Armstrong (2012) secara sempit mengklasifikasikan harga sebagai jumlah yang dibebankan untuk suatu produk atau layanan. Harga, di sisi lain, dalam arti luas adalah jumlah semua nilai yang diperoleh konsumen dengan memiliki atau menggunakan produk atau layanan.
  • Menurut Basu Swasta (2010), harga adalah sejumlah uang dan beberapa produk atau jasa.

Pengertian Harga Secara Umum

Dari beberapa pengertian harga oleh para ahli di atas, pengertian harga adalah jumlah yang dibebankan untuk suatu produk/jasa yang ditukarkan oleh konsumen (pembeli), mengingat manfaat dari produk/jasa yang dibeli. Harga sering dikaitkan dengan manfaat produk/jasa. Misalnya, produk berkualitas baik harganya lebih mahal dan sebaliknya.

Oleh karena itu, perusahaan atau penjual harus menetapkan harga produk/jasa yang dijualnya berdasarkan kualitas dan referensi pasar. Anda dapat berhasil memasarkan produk/layanan Anda dengan harga yang sesuai dengan bentuk produk/layanan Anda. Seperti yang telah Anda lihat, harga sangat penting dalam pembelian barang dan jasa, terutama dalam manajemen pemasaran. Selain itu, harga juga merupakan variabel yang paling fleksibel.

Menurut pengertian umum lainnya mengenai harga, harga adalah mekanisme yang digunakan konsumen untuk mengontrol jumlah yang mereka bayar atau konsumsi sebagai pelaku dalam memperoleh suatu produk atau jasa. Tentu saja, penentuan harga yang tepat membutuhkan strategi penetapan harga yang baik.

Dalam praktiknya, tentu saja, strategi penetapan harga tergantung pada produsen yang mengendalikannya. Bagaimana Anda menentukan strategi penetapan harga yang tepat untuk penawaran produk atau layanan Anda?

Strategi Penetapan Harga

Menurut Rahman (2010), ada enam strategi dalam menetapkan harga:

  • Penetration price adalah penetapan harga yang menekankan pada pangsa pasar dengan menetapkan harga lebih rendah dari harga normal.
  • Price skimming berfokus pada penetapan harga yang bernilai tinggi untuk produk/layanan kelas satu untuk waktu yang terbatas, dan harganya diturunkan secara perlahan sesuai dengan harga pasar.
  • Ikuti panduan harga pasar yang berfokus pada pesaing.
  • Penetapan harga variabel menawarkan harga yang berlipat ganda untuk produk/jasa dengan konsesi kepada konsumen.
  • Penetapan harga yang fleksibel berfokus pada penetapan harga yang berbeda berdasarkan jumlah barang/jasa yang terbatas dan minat pembeli yang tinggi.
  • Price Lining menetapkan beberapa harga yang berbeda untuk produk/jasa serupa dalam barang dagangan eceran yang dijual.

Lalu, bagaimana cara Anda dalam menetapkan harga pada produk Anda?

Strategi penetapan harga pada produk Anda harus ditentukan oleh maksud dan tujuan Anda. Tentu saja, Anda sebagai seorang produsen harus melakukan upaya untuk menetapkan harga jual. Karena saat memutuskan, harga harus masuk akal dan wajar. Berikut adalah beberapa strategi secara umum untuk menetapkan harga pada produk Anda.

1. Menetapkan Harga yang Maksimal

Metode ini disarankan jika aplikasi Anda tidak memiliki pesaing atau produk atau layanan serupa. Jadi bisa dibilang cara yang satu ini adalah cara yang digunakan ketika situasi sedang longgar atau hampir tidak kompetitif. Langkahnya adalah dengan menetapkan harga yang maksimal agar keuntungan yang didapat sangat tinggi.

2. Melakukan Evaluasi

Strategi atau langkah ini adalah penetapan harga yang cukup agresif. Dalam praktiknya, salah satu langkahnya adalah menetapkan harga dasar agar segmen pasar beralih ke harga pasar terendah. Metode ini digunakan ketika kondisi pasar sedang dalam mode persaingan yang ketat atau telah mencapai titik jenuh. Satu hal yang perlu diperhatikan dengan strategi ini adalah tidak menetapkan harga terlalu rendah. Jika harga terlalu rendah, akibat dan akibatnya akan menjadi bencana besar, yang terburuk yang dapat terjadi adalah kebangkrutan perusahaan Anda atau perusahaan afiliasi. Makanya harus dipikirkan terlebih dahulu mengenai keputusan karena harus konsisten dengan biaya yang dikeluarkan untuk mencapai keuntungan dalam produksi.

Pentingnya Strategi dalam Menetapkan Harga

Sebagai proses penting, harga harus dipertimbangkan sebagai faktor dalam strategi pemasaran Anda. Hal ini dikarenakan fungsi itu sendiri memiliki nilai yang sangat menentukan bagi kelangsungan sebuah perusahaan produksi atau jasa.

Strategi penetapan harga memiliki beberapa fungsi penting seperti sebagai pendukung semua aktivitas perdagangan dengan mempertimbangkan kriteria kemampuan perdagangan konsumen. Penetapan harga produk juga merupakan tempat produsen menetapkan target volume transaksi untuk konsumen. Dan penentuan harga suatu produk tertentu juga menjadi dasar bagi Anda dalam proses produksi, sehingga dapat menentukan jumlah produk yang dihasilkan perusahaan. Tentu saja, strategi penetapan harga juga memungkinkan konsumen untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi nilai produk.

Strategi penetapan harga juga berfungsi sebagai sarana untuk menentukan kualitas. Hal ini karena konsumen menggunakannya untuk menentukan apakah keuntungan atau harga yang ditetapkan untuk produk tersebut wajar. Tentu saja, ini juga sangat penting untuk menjaga reputasi perusahaan, sehingga Anda tidak akan pernah salah dalam menetapkan strategi penetapan harga. Hal ini dikarenakan harga memang sangat penting. Menerapkan harga yang wajar dan masuk akal bisa memudahkan perusahaan untuk bersaing dengan pesaing dan saingannya. Dalam menetapkan harga, beberapa faktor diperhatikan agar tidak mempersulit transaksi konsumen perlu dilakukan.