Mengenal Reseller: Tipe dan Keuntungan

Table of Contents

Blog DiGIMA Indonesia

Apakah Anda mengetahui mengenai reseller ? pastinya sebagian besar orang mengetahui mengenai reseller. Reseller adalah seorang yang membeli produk dari pihak tangan pertama untuk dijual kembali dengan mengambil keuntungan atau juga bisa di pakai sendiri. Selain itu, reseller menjadi salah satu rekomendasi untuk Anda, jika ingin memulai bisnis dengan minim resiko dan mendapat beberapa benefit. Di samping itu, jenis-jenis reseller serta benefit menjadi reseller:

Jenis – Jenis Reseller

Grosir

Pedagang grosir biasanya adalah perusahaab besar yang menawarkan untuk membeli produk perusahaan dan menjualnya ke gerai ritel. Pedagang grosir sering beroperasi di luar gudang dan dapat berspesialisasi dalam berbagai jenis produk. Namun, pedagang grosir jarang berinteraksi langsung dengan konsumen.

Retailer

Retailer membeli produk dari grosir atau distributor dan menjual produk tersebut dalam jumlah kecil kepada pelanggan. Itu membuat pengecer menjadi penghubung terakhir dengan pelanggan dalam rantai penjualan. Sebagai reseller, retailer menjamin ketersediaan berbagai barang dengan harga yang terjangkau, karena tujuan utama mereka adalah memuaskan pembeli dengan menyediakan barang dan jasa yang berkualitas.

Distributor

Distributor Merupakan entitas yang membeli produk dari produsen dan menjualnya ke entitas lain dalam rantai pasokan. Mereka kebanyakan menjual ke grosir, tetapi mereka dapat menjual langsung ke pengecer dan bahkan konsumen dalam kasus yang jarang terjadi. Meskipun distributor melakukan fungsi yang sama sebagai grosir, distributor berafiliasi erat dengan produsen, yang tidak berlaku untuk grosir.

Distributor dapat memiliki perjanjian pembelian eksklusif dengan produsen dan berperan aktif dalam mempromosikan dan mengiklankan produk perusahaan. Misalnya, distributor mungkin mengatur demo, menjanjikan sampel gratis atau memberikan diskon untuk membujuk orang lain agar membel2i produk.

Apa Keuntungan Menjadi Reseller?

Menjadi reseller dalam dunia bisnis merupakan hal  yang populer, seperti yang terlihat pada munculnya reseller online dan toko-toko kecil. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendirikan bisnis penjualan kembali:

Proses Bisnis yang Efisien

Begitu mereka memiliki pasar yang maju, retail dapat dengan cepat memenuhi pesanan untuk klien. Melakukan hal ini dimungkinkan karena mereka sudah memiliki jajaran pemasok terpercaya yang dapat memenuhi pesanan dalam waktu singkat. Kemudian retail dapat menghabiskan lebih banyak waktu mereka untuk mendapatkan klien baru dan mencari produk yang lebih menguntungkan untuk dijual dan dipromosikan.

Fleksibilitas

Reseller memberikan beberapa fleksibilitas dalam jalur perbisnisan Anda, karena memungkinkan Anda untuk memilih dari berbagai produsen dan produk untuk dijual. Jika Anda adalah pengecer kecil yang tidak memiliki persediaan besar, Anda mungkin memiliki kemampuan untuk beralih produk dengan cepat untuk memaksimalkan keuntungan dan mengurangi risiko jika permintaan pasar untuk produk Anda berfluktuasi.

Ekspansi cepat

Fleksibilitas dan profitabilitas penjualan kembali dapat memudahkan untuk mengembangkan bisnis dengan cepat, terutama jika Anda menggunakan saluran pemasaran dan penjualan online. Dengan pemahaman tentang pasar dan hubungan yang kuat dengan pemasok, Anda mungkin dapat mencapai skala dengan cepat dengan harga yang relatif rendah

Dukungan Pabrikan

Pengecer sering menikmati berbagai dukungan dari produsen dan produsen produk. Produsen dan produsen memberikan dukungan teknis, pemasaran, dan logistik untuk membantu operasi pengecer mereka. Mereka juga dapat memberikan pelatihan untuk membantu pengecer memahami fitur, fungsi, dan manfaat dari barang dagangan mereka. Beberapa produsen dan produsen juga menyediakan saluran pemasaran yang dapat membantu pengecer meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan.

Ternyata reseller memiliki beberapa tipe. Selain itu, menjadi reseller memiliki beberapa keuntungan buat Anda yang ingin memulai bisnis. Jika Anda ingin menggali informasi lebih lanjut bisa mampir ke blog DIGIMA dan sosial media @DIGIMA